nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabin Mobil Iris Viseo Bisa Diangkat bak Robot

Pius Mali, Jurnalis · Jum'at 24 April 2015 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 04 24 15 1139403 kabin-mobil-iris-viseo-bisa-diangkat-bak-robot-mSBmdLjnKy.jpg Kabin mobil Iris Viseo bisa terangkat hanya dengan menekan tombol (Avere-france)

PARIS – Desain dan teknologi kendaraan roda empat terus berkembang dari masa ke masa seiring selera konsumen dan tentunya fungsi. Hal itu seperti mobil listrik Iris Viseo buatan pabrik automotif asal Prancis.

Posisi kabin mobil Iris Viseo bisa diubah menjadi lebih tinggi hingga 3 meter. Proses perubahannya seperti robot, bisa dilakukan saat mobil berjalan.

Mobil yang diproduksi oleh SAS Iris Prancis ini dibuat menggunakan bahan serat poliester. Kabinnya dibuat berbentuk seperti kapsul, di dalamnya hanya terdapat satu tempat duduk.

Pengemudi cukup menekan tombol, kemudian sistem hidrolik akan bekerja untuk mengangkat dan menahan kabin Iris Viseo di atas. Jika posisi kabin diubah saat kendaraan berjalan, maka kecepatannya akan berkurang. Semua fitur kendaraan tetap bisa berfungsi normal dalam kondisi kabin diangkat.

Sumber tenaga Iris Viseo berasal dari sebuah motor listrik berdaya 95 kW dengan baterai 48 V. Baterai bisa terisi penuh dalam waktu delapan jam. Dalam kondisi baterai penuh, mobil ini bisa menjangkau jarak 85 kilometer dengan kecepatan maksimum 25 kilometer per jam.

Pengemudi mendapat keuntungan karena pandangannya tidak terhalang saat kabin diangkat. Mobil ini bisa digunakan oleh polisi untuk memantau lalu lintas atau bahkan kerusuhan.

Untuk memiliki satu unit mobil unik ini, konsumen harus merogoh kocek sebesar USD48 ribu atau sekira Rp621,1 juta dengan terlebih dulu melakukan pemesanan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini