Matematika Sudah Ada Sejak Zaman Peradaban Nusantara

Afriani Susanti , Okezone · Jum'at 24 April 2015 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 24 65 1139422 matematika-sudah-ada-sejak-zaman-peradaban-nusantara-lC6Lz9S8Lo.jpg Matematika ternyata sudah ada bahkan sejak di zaman peradaban. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Matematika nyatanya sudah ada sejak zaman peradaban Jawa serta Nusantara. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peninggalan prasasti berpahatkan angka-angka.

“Sriwijaya mewariskan prasasti-prasasti yang memahatkan angka berupa angka tahun 604, 606 dan 608 pada kalender Saka,” ungkap Dosen Matematika Universitas Soedirman (Unsoed), Agung Prabowo, MSi, seperti dikutip dari laman Unsoed, Jumat (24/5/2015).

Dalam acara Forum Matematika yang digelar, Agung menyampaikan bahwa ada banyak aspek-aspek matematika yang berhasil untuk digali. Tidak hanya berasal dari Jawa saja tapi juga Nusantara.

Bentuk angka sendiri yang pernah digunakan pada masa kejayaan Sriwijaya yakni angka Palawa Akhir.

“Tiga buah angka tahun tersebut menunjukkan bahwa Sriwijaya telah mempunyai lambang bilangan nol, menggunakan basis 10 (desimal) dan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan,” imbuhnya.

Bangsa Eropa bahkan baru memiliki kemampuan seperti zaman Sriwijaya pada lima abad kemudian.

"Bukti arkeologis angka 0 dari India lebih belakangan dibanding Sriwijaya, yaitu baru muncul pada tahun 933 Samvat (876 Masehi), ditemukan pada prasasti yang terdapat di Candi Chaturbhuja, Gwalior, India," paparnya.

Bahkan, Kerajaan Mataram Kuno juga sudah membuktikan kepada dunia bahwa kriptografi sudah dikuasai oleh Mataram Kuno sejak 732 M.

“Cruti (4) Indriya (5) Rasa (6). Mengapa kata cruti, indriya dan rasa masing-masing menyatakan angka 4, 5 dan 6, jawabnya dapat ditemukan pada astha guru, delapan aturan untuk menurunkan watak bilangan suatu kata,” tambahnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini