nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Buruh Malang Gelar Rapat Akbar di Alun-Alun Tugu

Hari Istiawan, Jurnalis · Jum'at 01 Mei 2015 16:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 01 340 1143179 buruh-malang-gelar-rapat-akbar-di-alun-alun-tugu-yAXxHlst45.jpg

MALANG - Ratusan buruh di Kota Malang, Jawa Timur, berdatangan ke bundaran tugu untuk merayakan peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2015. Para buruh juga membawa anak-anak mereka untuk mengikuti rapat akbar ini.

Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja perusahaan di Malang Raya ini tergabung dalam Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI). Mereka menilai sistem ketenagakerjaan di Indonesia tidak memihak buruh. Bahkan, pemerintah sengaja "menjual" buruh murha Indonesia untuk menarik investor asing. "Belum lagi sistem kerja kontrak dan outsourcing yang merugikan buruh," kata Firman Rendi, juru bicara aksi, Jumat (1/5/2015).

Para buruh juga menuntut upah layak dan pembatalan rencana pemerintah menaikkan upah buruh setiap dua tahun sekali. "Ancaman PHK bagi buruh yang memperjuangkan hak-haknya juga masih menghantui," katanya.

Lebih parah lagi kondisi buruh media yang masih banyak tidak memiliki kontrak kerja dengan perusahaan media. Upah di bawah UMK juga masih terjadi di kalangan buruh media.

Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Malang, Yatimul Ainun menegaskan, pemerintah harus mendesak pengusaha media memenuhi hak-hak dasar jurnalis yang hingga kini masih banyak yang tidak terpenuhi. "Penuhi upah layak bagi jurnalis," kata Ainun.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini