nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Helat Olimpiade Sains Internasional

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Senin 04 Mei 2015 17:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 04 65 1144354 indonesia-helat-olimpiade-sains-internasional-LLoVjx1iGC.jpg Suasana pembukaan 3rd ISPRO 2015 di Kemendikbud. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Indonesia kembali menjadi tuan rumah pada olimpiade sains tingkat internasional. Kali ini giliran ajang International Science Project Olympiade (ISPRO) ketiga yang diselenggarakan di Jakarta.

ISPRO 2015 akan diikuti oleh 31 negara di berbagai penjuru benua di dunia, seperti Australia, Jerman, Afrika Selatan, India, Sri Lanka, hingga Indonesia sendiri. Acara besutan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian dan Kebudayaan (Dit. PSMA Ditjen Dikmen Kemendikbud) ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya meneliti dan meningkatkan kesadaran siswa akan aksi global.

"Indonesia ingin menjadi pusat ilmu pengetahuan. Dengan cara tersebut, diharapkan anak muda Indonesia bisa menjadi tren bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di kawasan Asia Pasifik," ujar Dirjen Dikmen Kemendikbud Achmad Jazidie di Kemendikbud, Senin (4/5/2015).

Keunikan ISPRO dibandingkan dengan ajang olimpiade lainnya terletak pada karya-karya peserta yang menunjukkan perlindungan terhadap planet bumi. Sebab, ISPRO akan melombakan bidang penelitian biologi, fisika, kimia, lingkungan, dan teknologi.

Jazidiemengimbuhkan, ajang ISPRO sendiri masih menjadi rangkaian dari tema hari Pendidikan Nasional belum lama ini. "ISPRO merupakan kendaraan untuk menjadikan pendidikan sebagai gerakan di seluruh bidang. Dalam implememtasinya, kami bekerja sama dengan PASIAD," imbuhnya.

ISPRO akan dijadikan sebagai ajang tahunan yang bisa mempererat komunikasi dan pertukaran budaya antarnegara. Perhelatan yang didukung oleh berbagai universitas negeri di Indonesia ini juga menjadi salah satu cara untuk membangun networking dengan negara lain.

"Kami harap semoga dengan adanya ajang seperti ini bisa semakin banyak penemuan-penemuan inovatif yang berguna untuk kemakmuran masyarakat dunia," ujar Jazidie.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini