nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Pertahankan Gelar Juara di ISPRO 2015

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at 08 Mei 2015 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 08 65 1146593 indonesia-pertahankan-gelar-juara-di-ispro-2015-sfbGnstuyX.jpg Suasana penutupan ISPRO 2015 di Kemendikbud. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Pelajar Indonesia kembali menunjukkan dominasi dalam dunia sains. Mereka mempertahankan gelar juara dalam International Science Project Olympiad (ISPRO) 2015.

Olimpiade sains tingkat dunia ini terbagi menjadi lima kategori, yaitu di bidang fisika, kimia, biologi, teknologi, dan lingkungan. Pada tahun ketiga keikutsertaannya, delegasi Indonesia kembali mengumpulkan medali terbanyak. Mereka mengoleksi dua medali perunggu, tiga medali perak, dan empat medali emas. Sementara itu, peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Bosnia dan Herzegovina serta Tajikistan dengan masing-masing total empat medali.

Dirjen Dikmen Kemendikbud Achmad Jazidie mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan kompetisi tingkat internasional ini. Menurutnya, tujuan ISPRO sebagai wadah adu bakat peneliti muda dunia tercapai.

"Saya memandang ISPRO berjalan sesuai tujuan. Ajang ini bisa menumbuhkan budaya meneliti di usia muda. Selain itu, ISPRO dapat menyuarakan proteksi planet bumi dan gaya hidup ramah lingkungan," tutur Jazidie, pada penutupan ISPRO 2015 di Kemendikbud, Jumat (8/5/2015).

Jazidie mengimbuhkan, ISPRO bukan sekadar kompetisi. Namun, ajang ini bisa menjadi wadah untuk membangun jejaring serta menumbuhkan bibit-bibit yang kreatif dan inovatif.

"Baik yang menang ataupun tidak semuanya tetap siswa berprestasi," imbuhnya.

ISPRO 2015 diikuti pelajar setingkat SMA dari 29 negara. Indonesia mengirimkan 10 tim dalam kompetisi ISPRO tahun ini. Kesepuluh naskah penelitian delegasi Indonesia merupakan hasil seleksi ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) dan Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dalam bidang kesehatan, pertanian, elektronika, dan biologi.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini