Share

Sabda Raja dari Sultan Dinilai Sesat

Prabowo, Okezone · Jum'at 15 Mei 2015 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 15 340 1150294 sabda-raja-dari-sultan-dinilai-sesat-pjZYOWK70S.jpg Sabda raja dinilai sesat (Foto: Markus Yuwono)

YOGYAKARTA โ€“ Alim ulama menilai sabda raja yang dikeluarkan Sri Sultan Hamengku Buwono X merupakan hal yang sesat. Bahkan, bisikan gaib yang didengar Sultan dalam sabda raja disangsikan kebenarannya.

โ€œAllah tidak memberikan wahyu melalui kuburan-kuburan, itu sesat,โ€ ujar tokoh masyarakat, Heru Syafrudin Amali, dalam pengajian akbar memperjuangkan kembalinya gelar khalifatullah sultan dan mengembalikan paugeran keraton, di serambi Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Jumat (15/5/2015).

Bisikan gaib yang diterima Sultan, kata dia, diperkirakan bukan untuk kebaikan. Sebab, apa yang terucap dalam sabda raja merombak tatanan serta tradisi luhur yang selama ini dijaga masyarakat.

Heru turut menyampaikan sebuah riwayat dari Nabi Ibrahim AS saat mendapat bisikan gaib untuk melakukan perbuatan tercela. Dalam riwayat itu, Nabi Ibrahim AS tidak melakukan apa yang diperintahkan karena tidak memberi keuntungan bagi umat (masyarakat).

Sultan, kata dia, sudah melenceng dari jalur pageuran yang selama ini dijaga. Karena itu, alim ulama harus berani mengingatkan jika sabda raja itu merupakan sesuatu yang keliru.

โ€œHarus ada yang mengingatkan, semoga saudara-saudara Sultan lainnya bisa memperingatkan karena sabda raja itu tidak benar,โ€ jelasnya.

Adik-adik Sultan, tutur Heru, diharapkan memberi nasihat dengan baik. Sebab, Sultan selain sebagai Raja Keraton Yogyakarta juga sebagai panutan di masyarakat. Jika sudah menjadi panutan, tetapi perbuatannya melenceng bisa merusak kepercayaan yang ada selama ini.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini