Pemalsu Akun Facebook Kasatreskrim Tipu Puluhan Juta

Nurul Arifin, Okezone · Senin 18 Mei 2015 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 18 340 1151388 pemalsu-akun-facebook-kasatreskrim-tipu-puluhan-juta-xSrH5Rb4Kj.jpg Ilustrasi

SURABAYA - Kasatreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Aldy Sulaeman menjadi sasaran pemalsuan akun media sosial Facebook. Bahkan, pelaku telah menipu puluhan orang dengan cara memintai mereka uang untuk biaya berobat.

Pemalsuan akun pribadi Kasatreskrim terbongkar setelah seorang perempuan datang ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak pada Jumat lalu. Menurut Aldi, perempuan itu semula datang mencarinya, kemudian marah-marah.

"Perempuan itu mencari saya dan saya temui di kantor. Ada beberapa anggota yang melihat saat itu. Tiba-tiba dia bilang, sekarang sudah enggak sakit lagi ya. Tadi waktu saya telefon katanya sedang sakit," ujar Aldy menirukan perkataan perempuan tersebut.

Aldy sempat dibuat bingung dengan pernyataan perempuan itu. Dia semakin bingung, saat perempuan itu komplain ketika dipanggil dengan sebutan ibu. "Tumben kamu panggil saya ibu, biasanya panggilnya kan mama," kata Aldy.

Menyadari ada yang salah dengan pengakuan perempuan itu, Aldy lantas menanyakan apakah sebelumnya mereka pernah bertemu. Barulah perempuan itu menjelaskan bahwa perkenalan mereka melalui jejaring sosial Facebook.

"Saya lalu ambil laptop dan saya tunjukkan akun Facebook saya. Rupanya, perempuan itu kenalnya dengan akun Facebook Aldy Sulaeman yang palsu, yang mengaku sebagai saya," katanya.

Setelah itu, pihaknya dibantu tim Walet Polda Jawa Timur melacak keberadaan pelaku dan tiga hari kemudian membuahkan hasil. "Saya sekarang di Sumatera. Alhamdulillah, sudah ada titik terang," katanya.

Polisi memperkirakan korban perbuatan Aldy Sulaeman palsu lebih dari satu orang. "Untuk ibu yang satu ini saja sudah transfer uang ke akun tersebut senilai Rp30 juta. Belum yang lain. Kami masih melakukan pemeriksaan," jelasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini