nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UKS Tawarkan Prodi Lingkungan

Bramantyo, Jurnalis · Selasa 19 Mei 2015 16:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 19 65 1151922 uks-tawarkan-prodi-lingkungan-VUDczhpXVu.jpg Prodi Teknik Lingkungan nyatanya sangat dibutuhkan di Indonesia. (Foto: Shutterstock)
SOLO - Program Studi Teknik Lingkungan masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Namun, di wilayah Solo khususnya tidak banyak lembaga pendidikan yang membuka program studi (Prodi) Teknik Lingkungan.

Padahal program studi (Prodi) Teknik Lingkungan bertujuan untuk mampu menghasilkan sarjana Teknik Lingkungan yang professional dan ahli dalam penyediaan air minum, penanganan limbah cair, limbah padat, juga terkait drainase, sanitasi lingkungan, masalah pencemaran baik air maupun udara, juga analisis mengenai dampak lingkungan.

Dari beberapa Universitas yang ada di kota Solo hanya Universitas Kristen Surakarta (UKS) yang membuka prodi Teknik Lingkungan untuk program Sarjana (S1).

Rektor UKS Mardanung menjelaskan bahwa isu lingkungan saat ini sudah menjadi isu dunia. Permalasalahan lingkungan di Indonesia makin kompleks di tengah isu global warming, limbah, dan pencemaran.

"Program studi teknik lingkungan sangat strategis untuk ikut mengatasi persoalan global tentang kerusakan lingkungan," jelasnya di Solo Jawa Tengah Selasa (19/5/2015).

Terpisah Dekan Fakultas Teknik Retno Palupi, menyebutkan banyak sekali ilmu yang diperoleh dari program studi teknik lingkungan, baik itu secara teori maupun praktik langsung. Seperti penyusunan Amdal, pengertian, pengolahan limbah, perencanaan bagunan air, hingga sampai sistem distribusi air minum.

"Diharapkan, lulusan Teknik Lingkungan UKS mampu berkarier di bidang lingkungan dan mempraktekkan ilmu yang diperoleh sebagai bekal ke depannya. Contohnya, bisa menjadi bekal bagi yang ingin konsen di NGO lingkungan," jelasnya.

Bahkan, ungkap Retni, peluang kerja bagi lulusan Teknik Lingkungan sangat luas. Mulai dari industri hingga BUMN yang tidak jauh dari lingkungan.

Selain membuka prodi Teknik Lingkungan dan Teknik Informatika, UKS yang berada di Jalan Monginsidi No 36 itu juga membuka program studi Ekonomi Manajemen dan Fakultas Teologi untuk program studi pendidikan agama Kristen dan pastoral konseling. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini