nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melamar Kerja, Jangan Lupa Cantumkan Cover Letter!

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2015 05:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 20 65 1152380 melamar-kerja-jangan-lupa-cantumkan-cover-letter-4zbJEkiUPw.jpg Dalam melamar kerja, cover letter sangat penting. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Saat kamu mengirimkan lamaran kerja, sebaiknya kamu menyertakan cover letter. Lantas, sudahkah kamu tahu apa itu cover letter?

Cover letter adalah surat pengantar. Fungsi dari surat tersebut adalah menjelaskan atau menguatkan tentang cv atau resume yang sudah kamu buat. Dalam cover letter, terdapat salam pembuka dan pengenalan diri pelamar yang akan dibaca pertama kali oleh perusahaan.

Selain berfungsi untuk memudahkan perusahaan dalam mengenalimu, cover letter juga berguna sebagai etika agar lamaran kerjamu lebih sopan saat dibaca. Cover letter sangat penting, apalagi bagi kamu yang mengirim lamaran melalui email. Sebab, tidak mungkin kamu hanya melampirkan cv atau resume tanpa menuliskan apa pun di tubuh email.

Untuk membuat cover letter, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Dikutip dari Careerealism, Kamis (21/5/2015), berikut tipsnya;

1. Samakan desain cover letter dengan cv atau resume

Pastikan kamu menggunakan desain yang sama dengan cv atau resume yang kamu lampirkan, seperti penggunaan huruf, margin, dan header.

2. Cari tahu nama tujuan lamaran

Kamu harus menuliskan kepada siapa lamaran kerjamu akan ditujukan. Jika tidak tahu namanya secara spesifik, paling tidak kamu harus tahu jabatannya.

3. Berikan alasan untuk menarik perhatian

Kamu harus menuliskan dan menekankan kemampuan dan keahlianmu untuk menarik perusahaan yang akan merekrutmu.

4. Jangan mengulang apa pun dalam cv atau resume

Berikan poin-poin yang menjelaskan kemampuan dan keahlianmu. Dalam cover letter, kamu cukup menuliskan kemampuan yang spesifik. Usahakan tidak lebih dari lima poin.

5. Batasi kalimat yang diawali dengan kata 'saya'

Fokus pada apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oleh karena itu, cukup memberikan tekanan pada kemampuan yang kamu miliki adalah kunci dari suatu cover letter. (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini