Share

Osama Pernah Diminta Hentikan ISIS

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 21 Mei 2015 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 21 18 1153335 osama-pernah-diminta-hentikan-isis-Ig634Xk1KY.jpg

WASHINGTON – Dokumen rahasia terkait Osama bin Laden yang diumumkan oleh intelijen Amerika Serikat mengungkap beberapa hal yang tidak diketahui sebelumnya. Di antaranya sebuah surat dari pendukung bin Laden di Irak yang memintanya menghentikan kelompok militan ISIS.

Kelompok militan ISIS semula adalah cabang kelompok Al Qaeda di Irak, yang kemudian memisahkan diri dan tumbuh menjadi kelompok ISIS yang saat ini meneror Irak dan Suriah. Pengaruhnya bahkan dianggap telah melebihi Al Qaeda sendiri.

Dalam sebuah surat bertanggal 22 Mei 2007, yang ditujukan kepada bin Laden dan wakilnya Ayman Al Zawahiri, para pendukung Al Qaeda di Irak meminta bin Laden untuk bertindak atas pertumpahan darah yang terjadi di Irak.

Front Jihad dan Pembaruan di Irak mengingatkan mantan pemimpin Al Qaeda itu bahwa dia akan terkena dosa atas tindakan yang dilakukan oleh Al Qaeda di Irak yang dilakukan atas nama bin Laden.

“Jika Anda masih bisa, maka inilah kesempatan terakhir untuk memperbaiki kerusakan Jihad yang terjadi di Irak yang disebabkan oleh pengikut Anda,” demikian tulis surat tersebut, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (21/5/2015).

Sayangnya, tidak diketahui apakah ada tanggapan dari bin Laden mengenai surat tersebut hingga akhir hayatnya.

Osama bin Laden tewas pada serangan militer AS ke tempat perlindungannya di Kota Abbottabad, Pakistan. Berbagai spekulasi mengikuti kematian tokoh yang dianggap sebagai dalang peristiwa 11 September ini, termasuk sebuah tulisan dari Seymour Hersh yang menyatakan kematiannya adalah rekayasa yang dilakukan Pemerintah AS dan Pakistan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini