nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Bebaskan Mahasiswa Perusak Kantor DPRD Sulsel

Salviah Ika Padmasari, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2015 12:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 21 340 1153043 polisi-bebaskan-mahasiswa-perusak-kantor-dprd-sulsel-2zkYVFDrAH.jpg Kantor DPRD Sulsel dirusak mahasiswa (Foto: Salviah Ika/Okezone)

MAKASSAR - Polisi bebaskan 16 mahasiswa dari HMI Cabang Makassar yang ditangkap polisi karena melakukan perusakan Kantor DPRD Sulsel.

Sebelumnya, diketahui ada 11 mahasiswa yang diamankan namun pengejaran yang terus dilakukan polisi berhasil menangkap 16 orang. Empat di antaranya mengalami luka-luka sehingga dilarikan ke RS Bhayangkara.

"Kita berinisiatif membawa empat mahasiswa ini ke RS Bhayangkara kemarin karena mereka terluka," kata Kabag Operasional (Kabag Ops) Polrestabes Makassar, AKBP Abdul Azis yang dikonfirmasi, Kamis, (21/5/2015).

Sebelumnya, mahasiswa dari HMI yang berunjuk rasa peringati Harkitnas 20 Mei di DPRD Sulsel kemarin sempat melakukan perusakan. Kaca jendela gedung dan lampu hias serta pot bunga dirusak. Mereka memprotes pihak pimpinan DPRD Sulsel karena tidak segera keluarkan kebijakan ikut menolak Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"16 mahasiswa ini dilepas sejak semalam, (Rabu malam) karena dari hasil pemeriksaan tidak ada bukti yang menunjukkan mereka lakukan tindak pidana," kata AKBP Abdul Azis.

Sementara itu, menyoal aksi perusakan ini, Humas DPRD Sulsel, Syamsiah, mengaku menyesalkan ulah mahasiswa ini. Menurutnya, mahasiswa sama sekali tidak mau memahami jika dalam penyampaian aspirasi itu ada prosedur dan mekanismenya.

"Kemarin itu, kami sudah pertemukan dengan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ashabul Kahfi dan dua legislator lainnya untuk mendengarkan aspirasinya. Juga sudah disiapkan ruang aspirasi. Tapi mahasiswa ngotot mau dipertemukan dengan Ketua DPRD Sulsel padahal Pak ketua sedang tidak ada di kantor. Itu yang soal spanduk penolakan MEA juga, mahasiswa sangat memaksakan hingga akhirnya mereka lakukan perusakan," tutur Syamsiah.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini