Share

Pemkot Medan Gelar Pemilihan Sopir Teladan Angkutan Umum

Akbar Dongoran, Okezone · Senin 25 Mei 2015 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 25 340 1155011 pemko-medan-gelar-pemilihan-sopir-teladan-angkutan-umum-X27SgW1n5X.jpg Ilustrasi Foto: Dok Okezone

MEDAN – Pemerintah Kota Medan menggelar ajang pemilihan sopir teladan angkutan umum, di Hotel Grand Antares Medan, Senin (25/5/2015). Sekira 100 orang sopir sebagai perwakilan dari sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang angkutan kota di Kota Medan, mengikuti pemilihan tersebut. Enam orang peserta terpilih, nantinya akan dinobatkan sebagai sopir teladan.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, melalui Asisten Ekbang, Qamarul Fatah mengatakan, pemilihan sopir teladan ini bertujuan mendorong para sopir angkutan umum agar mau meningkatkan kompetensinya. Mulai dari kompetensi teknis mengendarai kendaraan umum dan juga perilaku yang baik saat berkendara.

“Permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor di antaranya faktor manusia, kendaraan, kondisi jalan, infrastruktur dan lainnya, namun faktor manusia (human error) dianggap faktor yang paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan. Oleh karena itu dengan adanya pemilihan ini, kita berharap pengemudi, khususunya pengemudi angkutan umum mempunyai kompetensi yang memadai, yaitu tidak hanya memiliki pengetahuan yang luas dan keterampilan yang andal, namun juga diharapkan pengemudi memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kenderaan di jalan,” kata Qamarul.

Qamarul menjelaskan, keberadaan ajang pemilihan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah Kota Medan akan pentingnya peran kendaraan umum berpartisipasi membangun ketertiban dan keselamatan lalulintas di Kota Medan.

“Kita berharap, apa yang kita nilai di ajang pemilihan ini dapat memotivasi para sopir kendaraan umum lainnya. Kita juga berharap semangat tertib berlalu lintas para sopir teladan ini bisa menular kepada sopir kedaraan umum lainnya,” ujarnya.

Bersamaan dengan hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Redward Parapat, selaku panitia penyelenggara berharap, dengan digelarnya ajang ini dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Ini bentuk upaya kita melakukan promosi keselamatan lalu lintas. Setiap sopir angkutan umum yang terpilih sebagai sopir teladan akan mendapatkan uang pembinaan, sekaligus paket studi banding ke Kota Palembang. Kita berharap, tahun depan semakin banyak peserta yang ikut. Karena semakin banyak yang mendaftar, artinya semakin patuh para sopir kenderaan umum ini dalam berkendara,” tutupnya. (fal)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini