Image

Menyelundupkan Rokok, Empat Pria Malaysia Ditangkap

Pamela Sarnia, Jurnalis · Jum'at 29 Mei 2015, 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 05 29 18 1157143 menyelundupkan-rokok-empat-pria-malaysia-ditangkap-ojP34Se0pz.jpg Kardus Rokok Selundupan di Singapura (Foto: Channel News Asia)

SINGAPURA - Empat pria asal Malaysia diketahui menyimpan 3.700 kardus berisi rokok tanpa cukai. Rokok yang diselundupkan tersebut diperkirakan seharga USD409 ribu atau setara Rp5 miliar. Pemerintah Singapura memperkirakan total kerugian pajak yang ditimbulkan mencapai USD334 ribu atau sekira Rp4 miliar.

Petugas Bea dan Cukai, Imigrasi, serta Checkpoint Singapura (ICA) membekuk empat pria Malaysia tersebut pada 25 Mei 2015. Keempatnya bernama Ng Kuan Hwa (25), Ooi Teik Wei (27), Gooi Chin Lean (25), dan Tay Chee Yong (21). Mereka dinyatakan terlibat dalam penyelundupan rokok.

Sebagaimana diberitakan Channel News Asia, Jumat (29/5/2015), seluruh rokok selundupan yang mereka bawa disita pihak berwajib. Selain itu, petugas juga menyita sebuah mobil van dan sebuah kereta dorong.

Penangkapan tersebut bermula kecurigaan ICA saat mengawasi sebuah gudang di Kawasan Industri Woodland. Ketika memeriksanya, petugas menemukan keempat terduga dan kardus-kardus berisi rokok tanpa cukai. Tumpukan kardus berisi rokok tersebut disembunyikan dalam sebuah ruang kosong yang dihalangi balok semen.

Berdasarkan hukum Singapura, pengadilan akan menjatuhkan denda minimum USD2 ribu atau sekira Rp26 juta bagi penyelundup yang baru pertama kali menyelundupkan rokok. Bagi pelaku yang sudah berulang kali menyelundupkan rokok, dia akan terancam denda USD4 ribu atau sekira Rp52 juta.

Pelaku yang tertangkap membawa selundupan rokok seberat lebih dari 2 kilogram juga terancam hukuman penjara. Kendaraan yang digunakan dalam kegiatan penyelundupan juga berisiko disita pengadilan.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini