nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditemukan Bong Emas Berusia 2.400 Tahun di Rusia

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Minggu 31 Mei 2015 05:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 30 18 1157754 ditemukan-bong-emas-berusia-2-400-di-rusia-nOEtIM4PEG.jpg Bong emas berusia ribuan tahun. (Foto: Youtube)

BERLIN – Seorang arkeolog menemukan benda yang sangat langka di Rusia. Benda itu berbentuk sebuah bong yang dilapisi emas. Bong emas tersebut memiliki usia sekira 2.400 tahun.

Arkeolog itu menemukan bong emas yang dihiasi gambar manusia dan hewan dari gundukan makam yang luas di Pegunungan Kaukasus di selatan Rusia. Wilayah itu menjadi tempat Scythia memerintah antara abad 9 SM hingga abad 4 M.

Seperti diberitakan Mail Online, Minggu (31/5/2015), benda tersebut ditemukan di dalam ruang dilapisi dengan batu dan terkubur di dalam tanah liat bersama bong emas lainnya, termasuk cincin jari, dua cincin leher, dan gelang emas.

β€œIni merupakan salah penemuan terbaik yang pernah kami lakukan. Ini merupakan penemuan satu kali dalam satu abad,” ungkap Anton Gass, arkelog dari Yayasan Warisan Budaya Prusia di Berlin.

Sementara itu, hasil analisis menyatakan bong emas itu digunakan untuk menyimpan ramuan opium dan ganja.

"Scythia menggunakan pabrik untuk memproduksi asap yang dapat membuat mereka berteriak keras,” kata sejarawan Yunani Herodotus.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini