nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Universitas Top di Amerika

Selasa 02 Juni 2015 16:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 02 65 1158947 10-universitas-top-di-amerika-tvnGhAfPsb.jpg foto: worldpress

JAKARTA – Siapa yang tidak mengidamkan untuk berkuliah di luar negeri. Pastinya, tidak hanya universitas berkualitas di dalam negeri yang sedang diburu lulusan SMA sederejat saat ini. Namun, patut kiranya calon mahasiswa untuk mengamati universitas luar negeri yang diidam-idamkan untuk menuntut ilmu.

Berikut ini 10 universitas ternama di Amerika Serikat sebagaimana dilansir collegeapps.about  yang mungkin saja menarik bagi calon mahasiswa di Indonesia untuk menempuh kuliah di luar negeri.

1. Brown University

Kampus ini terletak di Provinsi Rhode Island. Untuk menuju ke Brown University sebaiknya melewati Boston dan New York City. Biaya kuliah di Brown University pada tahun 2014-2015 mencapai USD47,434 atau setara Rp616 juta per semester. Ini belum termasuk biaya yang lainnya.

Universitas ini sering dianggap paling liberal dan terkenal dengan kurikulum yang fleksibel, di mana para mahasiswanya membangun rencana mereka sendiri dengan berbagai studi. Brown University seperti Dartmouth College, lebih menekankan pada studi sarjana.

2. Columbia University

Bagi calon mahasiswa yang berkeinginan kuliah di luar negeri pasti sangat mengindamkan kampus yang berada di tengah kota. Adalah Columbia University. Lokasi kampus yang berada di Kota Manhattan ini menjadi akses yang mudah bagi calon mahasiswa yang ingin betah kuliah di universitas tersebut. Biaya kuliah di kampus tersebut senilai USD49,138 atau setara Rp638 juta per semester.

3. Cornell University

Cornell University telah menelurkan banyak sarjana berkualitas. Kampus ini memiliki berbagai disiplin ilmu yang menjadi acuan bagi calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di universitas tersebut.

Universitas ini juga memiliki struktur administrasi yang paling kompleks di antara universitas top lainnya di Amerika karena beberapa program yang disimpan dalam unit hukum yang didanai negara.

Jika Anda ingin berkuliah di sini, tentu harus mempersiapkan diri, tidak hanya biaya namun juga harus siap menghadapi musim dingin yang berada di Ithaca, New York. Bagusnya, calon mahasiswa bisa menikmati indah pemandangan di bangunan kampus tersebut yang menghadap Danau Cayuga.

4. Dartmouth College

Dartmouth College berada di kota tua Hanover, New Hampshire, adalah wilayah perguruan New England klasik yang dikelilingi asrinya pemandangan kota hijau yang menarik.

Perguruan tinggi ini lebih mendalami kurikulum di bidang seni, apalagi atmosfer di kampus tersebut cukup memberikan inspirasi bagi calon mahasiswa untuk berkarya mengembangkan ide-ide brilian.

5. Duke University

Sekali Anda melihat bangunan perguruan tinggi di Durham, North Carolina ini, maka Anda akan betah untuk menuntut ilmu di Duke University. Maklum, di tengah kampus terlihat bangunan mengesankan karya arsitektur kebangkitan Gothic yang luas menyebar keluar dari kampus utama.

Tidak hanya itu, fasilitas penelitian modern sangat mendukung mahasiwa untuk melakukan riset. Apalagi, banyak dari mahasiswa Duke University konsentrasi melakukan penelitian dalam ilmu kedokteran guna meraih gelar PhD. Untuk penerimaan mahasiswa baru, kampus ini paling selektif.

6. Harvard University

Siapa yang tidak mengenal Harvard University. Perguruan tinggi ini telah mencetak sarjana yang berkelas. Harvard University hampir selalu bertengger di puncak peringkat universitas ternama di dunia.

Kampus ini pun didukung dengan peralatan praktek perkuliahan yang canggih dan modern, dan mahasiswanya pun diberikan kebebasan untuk melakukan penelitian. Lokasi universitas yang berada di Cambridge, Massachusetts tersebut, juga menerima mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu dan mengratiskan biaya kuliah.

7. Princeton University

Selain Harvard University, Princeton University di negara Paman Sam tersebut juga merupakan salah satu perguruan tinggi yang tenar dan bertengger sebagai universitas terbaik di dunia.

Menariknya, kampus dengan luas 500 hektare di Princeton ini terletak di sebuah kota yang ditempati sekira 30 ribu penduduk. Untuk menuju ke kampus tersebut bisa ditempuh dari pusat-pusat kota Philadelphia dan New York City sekira satu jam.

Saat ini, lebih dari 5.000 mahasiswa S1 dan sekira 2.600 mahasiswa pascasarjana yang menuntut ilmu di Princeton University. Kampus ini juga didukung lingkungan pendidikan yang kompleks bagi calon mahasiswa yang ingin menuntut ilmu di Princeton University.

8. Stanford University

Stanford University adalah perguruan tinggi paling selektif di pantai barat, sehingga sangat mendukung suasana bagi mahasiswanya untuk mengembangkan diri melakukan penelitian.

Kampus yang berlokasi di Palo Alto, California menjadi sebuah lembaga pendidikan paling bergengsi di Amerika. Musababnya, banyak hasil penelitian yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan perkembangan teknologi saat ini.

9. University of Pennsylvania

Kampus ini terletak di sepanjang Sungai Schuylkill di Philadelphia. University of Pennsylvania ini lebih menitik beratkan kepada program pendidikan ekonomi dan bisnis.

Dengan berbagai program sarjana dan pascasarjana lainnya dengan jumlah 12 ribu mahasiswa, mampu menempatkan University of Pennsylvania sebagai salah satu universitas ternama dan berada diperingkat tinggi dunia.

10. Yale University

Seperti Harvard dan Princeton, Yale University pun tidak ingin ketinggalan menempatkan diri sebagai salah satu universitas bergengsi di Amerika. Perguruan tinggi ini memiliki rasio mengesankan 5-1 mahasiswa/dosen ini dengan berbagai penelitian dan pengajaran.

Lokasi kampus berada di New Haven, Connecticut, sangat mudah bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa menuju kampus tersebut dari New York City atau Boston mengunakan jalur darat maupun kereta api.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini