Paus Fransiscus Kunjungi Bosnia-Herzegovina

Ferry Ardiansyah, Okezone · Sabtu 06 Juni 2015 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 06 18 1161222 paus-fransiscus-kunjungi-bosnia-herzegovina-BNUeCFKDW3.jpg Paus Fransiscus Kunjungi Bosnia-Herzegovina (Foto:AFP)

SARAJEVO – Pemimpin Katolik dunia, Paus Fransiscus, mengunjungi Kota Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, pada hari ini. Kedatangan Paus Fransiscus untuk memperingati 20 tahun tragedi pembantaian massal.

Kedatangan Paus Fransiscus di Bandara Sarajevo disambut bunyi lonceng gereja dan ratusan anak yang menggunakan kostum tradisional Bosnia. “Sekarang Sarajevo menjadi kota yang indah dan damai,” ujarnya, seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (6/6/2015).

Paus Fransiscus memuji kerja keras Pemerintah Bosnia dalam berjuang menciptakan perdamaian bagi warganya yang sempat rusak akibat konflik Yugoslavia.

“Inisiatif perdamaian dari etnis Bosnia, Serbia, dan Kroasia tidak bisa tercipta hanya dalam jangka waktu sehari,” ujar Paus.

Konflik di Bosnia-Herzegovina dimulai pada 1993. Saat itu Bosnia-Herzegovina menyatakan memisahkan diri dari Pemerintah Yugoslavia yang dipimpin oleh Presiden Slobodan Milosevic.

Presiden Milosevic pun melancarkan operasi militer besar-besaran agar Bosnia-Herzegovina tetap berada di wilayah Yugoslavia walaupun dengan cara melakukan pembantaian massal.

Namun, kini Bosnia-Herzegovina telah menjadi negara merdeka dan perlahan mulai melupakan masa lalu yang kelam.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini