nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

25 Warga Langkat Kena Rabies

ant, Jurnalis · Senin 08 Juni 2015 11:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 08 340 1161825 25-warga-langkat-kena-rabies-EqA1NSaDfd.jpg 25 warga Langkat kena rabies (Foto: ilustrasi Okezone)

LANGKAT - Sebanyak 25 warga Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terkena rabies akibat gigitan anjing, kucing dan kera, terbanyak terjadi di wilayah Langkat Hulu.

"Ada 25 warga yang terkena penyakit rabies ini namun berhasil diselamatkan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular, dr Imanuel Pinem di Stabat, Senin (8/6/2015).

Imanuel mengungkapkan 25 warga yang terkena rabies ini sudah dilakukan upaya pertolongan supaya tidak semakin berkembang.

"Yang tertinggi kasus rabies ini berada di wilayah Langkat Hulu, meliputi Kecamatan Sei Bingei, Bahorok, Salapian," katanya.

Ia berharap agar warga, termasuk puskesmas dan pustu setempat harus pro aktif ke daerah tugasnya untuk melaporkan dan memotong mata rantai penyakit rabies itu.

Pihaknya juga menyarankan pemilik binatang peliharaan untuk menyuntik binatang peliharaannya untuk tindakan pencegahan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Langkat Abdurrahman mengatakan, untuk mengatasi penyakit rabies yang ada di berbagai kecamatan itu pihaknya mempersiapkan 1.000 dosis.

"1.000 dosis yang dipersiapkan ini untuk 1.000 ekor hewan yang bisa membawa berkembangnya penyakit rabies ini," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah mengintruksikan kepada para petugas peternakan di berbagai Kecamatan, untuk terus melakukan pemantauan, sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat, agar membawa hewan peliharaan mereka untuk dilakukan penyuntikan untuk menghindari penyakit rabies ini.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini