Titiek: Ambil Contoh Baik dari Pak Harto

Prabowo, Okezone · Senin 08 Juni 2015 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 08 510 1161714 titiek-ambil-contoh-baik-dari-pak-harto-aKmdzJH5PD.jpg Siti Hediati Soeharto (foto: Dede Kurniawan/Okezone)

YOGYAKARTA - Siti Hediati Hariyadi belajar banyak dari pengalaman hidup ayahnya, Soeharto, Presiden kedua RI yang memimpin negeri ini selama 32 tahun dari 1967, hingga lengser pada 1998.

Putri keempat Pak Harto yang biasa disapa Titiek Soeharto itu melihat sosok ayahnya merupakan pemimpin yang tegas dan bersahaja.

Titiek Soeharto memiliki banyak kenangan yang tak bisa terlupakan jika menceritakan perjalanan hidup Pak Harto.

"Banyak sekali kenangan dengan Pak Harto, saya banyak belajar dari bapak," kata Titiek Soeharto pada Okezone saat ditemui di Kepatihan Yogyakarta usai bertemu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Bawono X, belum lama ini.

"Beliau itu orangnya sederhana, bersahaja, pemimpin yang tegas dan bijaksana. Pak Harto itu ayah yang bertangung jawab pada keluarga, dan banyak lagi," imbuh anggota DPR RI dari Fraksi Golkar itu.

Sepanjang hidup Pak Harto, kata Titiek, yang dipikirkan bagaimana bangsa ini keluar dari kemiskinan dan menuju negara yang sejahtera. Hal itu dilakukan Pak Harto dari jaman perjuangan melawan penjajah, mengisi kemerdekaan, hingga akhirnya sampai wafat karena sakit.

"Yang dipikirin itu hanya bagaimana mensejahterakan masyarakat. Masyarakat mendapat pekerjan yang layak. Itu yang sangat melekat di hati saya sampai detik terakhir beliau di rumah sakit (meninggal)," katanya.

Sedangkan sosok kepribadian Pak Harto, kata Titiek, tidak seperti yang digambarkan orang yang 'menyeramkan'.

Titiek menyadari seorang pemimpin pasti ada yang suka, begitu juga sebaliknya. Orang yang berseberangan dengan Pak Harto, pasti akan melakukan beragam cara untuk menjatuhkannya.

Titiek mengenal betul karakter ayahnya, karena sejak kecil selalu bersama dan mengajarkan nilai-nilai falsafah dalam hidup. "Bagi saya beliau bisa dijadikan contoh untuk diambil yang baik," tuntas Titiek Soeharto.(raw)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini