Melihat Ribuan Keris & Batu Mulia Soeharto di Padepokan Wonogiri

Bramantyo, Okezone · Senin 08 Juni 2015 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 08 510 1161962 melihat-ribuan-keris-batu-mulia-soeharto-di-padepokan-wonogiri-OWpqWVpg5u.jpg Mantan Presiden Soeharto (Foto: Okezone)

SOLO - Sosok presiden kedua RI, Soeharto, masih menjadi perhatian masyarakat luas. Bahkan untuk mengenang presiden yang pernah dilengserkan melalui gerakan mahasiswa ini, diresmikan sebuah padepokan di Jalan Ahmad Yani Nomor 41, Wonogiri, Jawa Tengah, bertepatan dengan ulang tahunnya pada 8 Juni.

Padepokan itu merupakan rumah almarhum Soeharto dan Ibu Tien pernah tinggal semasa perjuangan hingga menjabat sebagai Presiden RI.

Banyak yang tersaji di Padepokan Soeharto ini. Selain dipamerkan beberapa koleksi Soeharto, juga terdapat berbagai penghargaan dan prestasi yang pernah diraih jenderal murah senyum tersebut. Selain itu, terdapat koleksi dari Soeharto berupa keris serta batu alam mulia dari segala macam ukuran.

Dikarenakan banyak keris yang ditampilkan, yakni mencapai lebih dari 1.000 buah, Museum Rekor Indonesia (MURI) pun langsung mendaulat sebagai koleksi keris terbanyak yang memecahkan rekor sebelumnya.

"Padepokan Soeharto ini sengaja dibuka agar generasi muda tidak melupakan apa yang pernah dilakukan presiden kedua tersebut. Bukan dibuat untuk mengultuskan Soeharto," jelas penggagas sekaligus pendiri Padepokan Soeharto, Begug Purnomosidi, kepada Okezone, di Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa (8/6/2015).

Menurut Begug, yang juga mantan Bupati Wonogiri, bukan karena dirinya mantan pejabat setempat sehingga padepokan ini didirikan di Wonogiri. Namun, baginya rekam jejak Soeharto dan Ibu Tien tidak bisa dipisahkan.

Alasan lainnya adalah di padepokan ini pula Pak Harto pernah menghabiskan masa kecil di Wonogiri.

"Pak Harto dan Wonogiri tak bisa dipisahkan. Karena di Wonogiri ini pula, Pak Harto pernah menghabiskan masa kecil," ungkapnya.

Begug kembali menjelaskan, Padepokan Soeharto ini dahulunya rumah yang pernah ditempati Harmoyo, bupati pertama Wonogiri yang juga mertua dari Begug Purnomosidi sekaligus paman dari Ibu Tien Soeharto.

Dalam peresmian memorial Soeharto ini tidak dihadiri satu pun putra-putri almarhum Soeharto. Hanya beberapa anak perusahaan yang dikelola Hutomo Mandala Putra seperti Humpuss Group yang menghadiri peresmian Padepokan Soeharto.

(crl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini