nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Peserta Tidak Lulus SBMPTN

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2015 09:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 11 65 1163659 penyebab-peserta-tidak-lulus-sbmptn-8IpqxjYfWg.jpg Peserta perlu tahu penyebab tidak lulus SBMPTN agar bisa mengambil langkah selanjutnya. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru saja berakhir. Meski peserta baru akan mendapatkan hasilnya sebulan lagi, mereka perlu mewaspadai penyebab gagal dalam ujian SBMPTN 2015. Dengan begitu, para peserta bisa merencanakan langkah selanjutnya jika tak lulus ujian tulis dan keterampilan tersebut.

Absen ujian

Siswa yang absen dalam ujian SBMPTN 2015 otomatis akan digugurkan sebagai peserta. Tentu secara otomatis pula mereka gagal memiliki kesempatan menjadi mahasiswa kampus negeri.

Menyontek

Pengawas ruangan akan mencatat para peserta SBMPTN yang mencontek selama ujian. Nama mereka pun dipastikan tidak termasuk daftar peserta yang lulus SBMPTN.

Joki

Mereka yang memakai jasa joki SBMPTN juga akan digugurkan dalam keikutsertaannya sebagai peserta. Selain itu, jika ada mahasiswa yang menjadi joki SBMPTN, maka sanksi dari kampus adalah pemecatan.

Nilai tidak cukup passing grade

Setiap program studi memiliki standar passing grade. Bisa jadi, standar ini berbeda di tiap kampus. Peserta SBMPTN yang nilainya tidak memenuhi passing grade yang disyaratkan tentu tidak akan lulus.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini