HT: Pemimpin Itu Harus Memberi Contoh

Kamis 11 Juni 2015 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 11 65 1164020 ht-pemimpin-itu-harus-memberi-contoh-aFKAXfLgoh.jpg

MEDAN - Hari ini auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) padat, hingga tak menyisakan satu pun kursi kosong. Ribuan mahasiswa berkumpul sejak pagi, menunggu kedatangan Hary Tanoesoedibjo (HT) yang akan memberikan kuliah umum bertema Membangun Ekonomi Indonesia Menghadapi Persaingan Ekonomi Global.

Dimulai sekira pukul 11.00 WIB, mahasiswa serius menyimak pembahasan HT tentang kondisi Indonesia dan kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku mulai akhir tahun ini. Saat sesi tanya jawab dimulai, mahasiswa berebut melontarkan pertanyaan.

Banyak dari mereka yang penasaran ingin mengetahui rahasia sukses HT yang memimpin lebih dari 100 perusahaan dibawah naungan MNC Group. “Dengan banyaknya karyawan yang bapak miliki, bagaimana mengkoordinir semua karyawan-karyawan bapak,” tanya mahasiswa bernama Husin Samosir.

Menurut HT, salah satu kunci sukses dalam memimpin perusahaan adalah membangun hubungan baik dengan karyawan. Seorang pemimpin harus bisa menjadi panutan bagi bawahan. “Yang atas harus bisa memberi contoh untuk membangun culture kerja. Jangan hanya menyuruh seperti, hei kamu jangan malas, tapi pimpinan malas. Hei kamu jangan korupsi, tapi pimpinan korupsi,” katanya.

Seorang pemimpin, lanjut HT, juga harus mau mendengar bawahan. Contohnya saat rapat, dia memberikan kesempatan untuk karyawan dalam mengungkapkan pendapat atau memberikan masukan. “Saya bisa menyampaikan opini saya, mereka juga bisa menyampaikan opininya,” tuturnya.

Saat ini, HT memiliki lebih dari 30 ribu karyawan dan bertambah 1.000-2.000 karyawan setiap tahunnya. Membawahi 150-160 direktur, dia menggelar rapat koordinasi dua kali dalam seminggu.

“Setiap tahun saya kunjungi semua perusahaan MNC. Saya punya 60 grup (social messenger) di smartphone agar kita bisa berkomunikasi setiap saat. Ini membuat organisasi semakin besar dan solid,” ungkap bapak lima anak itu.

Kepada ribuan mahasiswa USU, HT menekankan pentingnya memiliki visi, kualitas, dan kecepatan dalam melakukan berbagai hal. “Berkualitas itu artinya macam-macam. Disiplin, kerja keras, pantang menyerah, punya endurance tinggi, positive thinking, rendah hati, mau belajar terus, introspeksi diri, dan harus cepat,” terangnya. Usai memberikan kuliah umum, HT memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi USU. (Fajar Pratiwi)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini