Share

Sepuluh Soal Pengetahuan Umum Paling Susah Sedunia

Pamela Sarnia, Okezone · Senin 15 Juni 2015 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 14 18 1165260 sepuluh-soal-pengetahuan-umum-paling-susah-sedunia-Z8HUzsRwih.jpg Orang-Orang Pintar dari Seluruh Penjuru Dunia Uji Kemampuan Pengetahuan Umum dalam World Quizzing Championship (Foto: The Independent)

LONDON - Pekan lalu, orang pintar dari seluruh penjuru dunia berkompetisi dalam lomba kuis internasional World Quizzing Camphionship untuk menguji kemampuan mereka di ajang global. Pertandingan tersebut diselenggarakan serentak di 118 tempat di 38 negara untuk mencari jagoan pengetahuan umum sedunia.

Soal-soal pengetahuan umum yang diberikan sangat susah dibuat, sangat susah dijawab pula. Ahli-ahli kuis bergabung membentuk tim pembuat soal yang menghasilkan 1.500 pertanyaan. Dari ribuan soal paling susah itu, 200 soal dipilih juri. Proses pembuatan soal tersebut membutuhkan waktu sembilan bulan.

"Sungguh tugas berat membuat sebuah kuis yang adil bagi peserta dari seluruh penjuru dunia," kata Jane Allen dari organisasi World Quizzing Association, seperti dilansir The Independent, Senin (15/6/2015).

Penasaran seperti apa soal yang mereka buat? Coba tes kemampuan pengetahuan umum Anda dengan menjawab sepuluh soal berikut ini:

1. Winter Palace berada di sebuah kota yang hancur total akibat kebakaran pada 1837 -kecuali The Hermitage. Kota manakah itu?

A. London

B. St Petersberg

C. New York

2. Apa nama bagian gigi yang terbentu dari jaringan yang membentuk bagian yang terlihat pada gigi sehat dan menutup crown gigi?

A. Syaraf

B. Gusi

C. Enamel

3. Berdasarkan puisi karya WB Yeats, jenis kayu apa yang digunakan sebagai bahan tongkat sihir pesulap? Kayu ini bermanfaat untuk menyerap energi bumi.

A. Pinus

B. Mahogani

C. Hazel

4. Dikenal sebagai abes putih, mineral apakah yang umumnya ditemui dalam bentuk asbes serta dapat dipintal dan dianyam menjadi kain?

A. Chyrsotile

B. Crocidolite

C. Amosite

5. Apa cabang ilmu matematika yang mempelajari sudut, segitiga, serta fungsi seperti sin, cosin, dan tangen?

A. Topologi

B. Trigonometri

C. Geometri

6. Siapa sutradara Kanada sekaligus penjelajah laut dalam yang saat menerima penghargaan Oscar untuk kategori Sutradara terbaik pada 1998 mengangkat pialanya dan berteriak, "Saya adalah raja dunia!"?

A. Leonardo Dicaprio

B. David Cronenberg

C. James Cameron

7. Ditemukan di Kota Holyoke, Massachussetts pada 1895 oleh Direktur Pendidikan Jasmani dan Kesehatan YMCA, William Morgan, permainan mana yang memiliki nama asli Mintonette?

A. Tenis meja

B. Hoki

C. Football

D. Voli

8. Kota mana yang berjuluk 'Crossroads of the Pacific' dan 'The Big Pineapple'?

A. Waipahu

B. Maili

C. Honolulu

D. New York

9. Ketika model remaja Maggie Graham tidak muncul dalam agenda kerja pada 1871, siapa orang yang akhirnya menjadi model lukisan James McNeill?

A. Saudara perempuannya

B. Saudara laki-lakinya

C. Ibunya

10. Siapa pemenang Nobel yang pernah menulis lirik untuk musisi pop Francoise Hardy dalam lagu berjudul 'Etonnez moi, Benoit' dan 'San Salvador'?

A. Leon Jouhaux

B. Louis de Broglie

C. Irene Joliot-Curie

D. Patrick Modiano

Kunci jawaban: 1. B; 2. C; 3. C; 4. A; 5. B; 6. C; 7. D; 8. C; 9. C; 10. D

Follow Berita Okezone di Google News

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini