nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemimpin Al Qaeda Tewas Akibat Serangan Udara

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 15 Juni 2015 08:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 15 18 1165399 pemimpin-al-qaeda-tewas-akibat-serangan-udara-KSgEpvsQka.jpg Pemimpin Al Qaeda Mokhtar Belmokhtar. (Foto: Al Jazeera)

TOBRUK – Pemerintahan yang diakui di Libya menyatakan seorang pemimpin Al Qaeda Aljazair, Mokhtar Belmokhtar, telah terbunuh dalam sebuah serangan Amerika Serikat (AS). Pria yang memiliki alias Mr. Marlboro ini merupakan sosok yang bertanggung jawab atas sejumlah serangan teror di wilayah Arab Maghribi dan Gurun Sahara termasuk serangan terhadap restoran di Bamako, Mali, yang menewaskan lima orang, Maret 2015 lalu.

Departemen Pertahanan AS mengatakan pada Sabtu 13 Juni 2015, mereka melakukan sebuah serangan kontra terorisme terhadap target yang terkait dengan kelompok Al Qaeda di Libya.

“Pemerintah di timur Libya mengofirmasi pesawat tempur AS telah melakukan serangan udara tadi malam yang menewaskan teroris Belimokhtar,” demikian pernyataan dari pemerintah yang diakui di Libya, seperti dilansir Al Jazeera, Senn (15/6/2015).

Serangan tersebut dilaporkan terjadi di sebelah timur Kota Tobruk, dan menargetkan sebuah tempat di mana para komandan kelompok Al Ansar Al Sharia mengadakan pertemuan. Meski Pemerintah Libya telah mengumumkan hal tersebut, namun sumber dari Departemen Pertahanan AS masih bungkam mengenai tewasnya Mokhtar dan hanya mengeluarkan sedikit pernyataan.

Belmokthar sendiri adalah pemimpin kelompok Al Mourabitoun yang merupakan pecahan dari kelompok Al Qaeda Maghribi. Dia diyakini terlibat dalam beberapa serangan atas pemerintah negara-negara di kawasan Arab Maghribi dan Gurun Sahara, termasuk penyanderaan atas turis dan petugas PBB.

Selain itu, ia terlibat dalam bisnis penyelundupan rokok dan salah satu nama alias yang digunakannya adalah Mr. Marlboro.

Anehnya, ini adalah keempat kalinya Mr. Marlboro dinyatakan tewas dalam bebebrapa tahun belakangan. Salah satunya pada 2013 saat militer Chad menyatakan mereka telah menewaskan Belmokhtar.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini