Komputer Penyimpan Data Besar ala LIPI

Kamis 18 Juni 2015 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 18 65 1167552 komputer-penyimpan-data-besar-ala-lipi-l01kM09XJX.jpg foto: ilustasi Okezone

JAKARTA - Sudah tidak bisa dihitung dengan jari, perkembangan perangkat lunak khususnya komputer makin terus membanjiri pasar elektronik. Beberapa lisensi produk perusahaan elektronik pamer komputer dengan kencanggihan sehingga membuat kalangan mahasiswa dan pelajar terpikat untuk membeli.

Tapi di balik itu, ada juga yang tetap mencoba menciptakan inovasi komputer yang ramah dan memiliki kapasitas yang besar untuk menampung data. Baru-baru ini, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian (Puslit) Informatika tengah mengembangkan fasilitas High Performance Computing (HPC) atau kerap disebut teknologi komputer dengan kapasitas kinerja tinggi dan penyimpanan data yang besar.

Menurut System Mantainer LIPI Taufiq Wirahman, pengembangan teknologi komputer tersebut menyediakan kapasitas memori sebesar 265 gigabyte (GB). Lalu, daya tampung atau kapasitas penyimpanan data mencapai 80 terabyte (TB).

“Kegunaan teknologi HPC untuk big data ini beragam, di antaranya untuk perekaman transaksi bisnis, catatan keuangan, telekomunikasi, video surveillance, iklim, kebencanaan, serta informasi lain yang ingin disampaikan lewat website,” jelas peneliti Puslit Informatika LIPI ini kepada media di sela-sela acara Workshop “Big Data dan Komputasi Kinerja Tinggi 2015, belum lama ini.

Taufiq melanjutkan, fasilitas HPC LIPI ini terbuka untuk umum. Pihaknya membuka akses untuk kepentingan riset mahasiswa program magister dan doktor di bidang komputer dan fisika secara umum. Namun sampai saat ini, pengguna paling banyak masih dari internal LIPI.

Kepala Puslit Informatika LIPI Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono menuturkan, fasilitas HPC LIPI sendiri dikembangkan untuk banyak kepentingan. Dia menjelaskan, fasilitas HPC memang dibuat sejalan dengan meningkatnya jumlah dan kompleksitas data, maka meningkat pula kebutuhan terhadap teknologi big data yang semakin efisien untuk menyimpan, memelihara, mengamankan, mengolah, menganalisa, dan menciptakan solusi-solusi cerdas.

“Intinya, penelitian yang butuh big data bisa menggunakan teknologi HPC ini,” tambahnya.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini