nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengungsi Capai 60 Juta Orang, Dunia dalam Perang

Pamela Sarnia, Jurnalis · Sabtu 20 Juni 2015 05:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 19 18 1168409 pengungsi-capai-60-juta-orang-dunia-dalam-perang-lp3We4hlIN.jpg Pengungsi Capai 60 Juta Orang, Dunia dalam Perang (Foto: Reuters)

WAKTU terus bergulir dan gelombang pengungsi tak bisa terbendung. Setiap empat detik yang terlewat, satu penduduk dunia terpaksa melarikan diri dari tempat tinggal mereka. Pada 2014, setiap harinya tercatat 42.500 orang meninggalkan rumah mereka.

"Orang tentu akan menanggap dunia sedang dalam perang, dan memang pada banyak tempat di dunia hari ini sedang dalam situasi yang amat kacau-balau," kata Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), Antonio Guterres, sebagaimana dikutip dari CNN, Sabtu (20/6/2015).

"Jumlah orang yang berpindah tempat meningkat drastis dan hasilnya mengejutkan. Jumlah tersebut menunjukkan tingginya jumlah orang yang menderita, sebab setiap pengungsi punya kisah tragis," sambungnya.

UNHCR terus memantau bagaimana angka pengungsi yang nasibnya terombang-ambing terus meningkat. Tahun ini, jumlah pengungsi dunia memecahkan rekor. Untuk pertama kalinya sejak era Perang Dunia II, angka pengungsi seantero jagat melewati jumlah 50 juta orang.

Laporan Komisi Tinggi untuk PBB (UNHCR) menunjukkan, hingga akhir 2013, jumlah pengungsi mencapai 51,2 juta orang. Angka ini mengejutkan karena hanya dalam waktu setahun saja, jumlah pengungsi membludak enam juta jiwa dibandingkan pada 2012 yang mencapai 45,2 juta jiwa.

"Sebagian besar dari pengungsi dunia, sekira 86 persen, berasal dari negara berkembang. Kebanyakan dari negara-negara tersebut membiarkan pintu mereka terbuka bagi orang-orang yang mencari perlindungan, dan menunjukkan kemurahan hati yang terkadang melampaui yang bisa mereka berikan," kata Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon.

Hari ini dunia turut berempati dengan penderitaan para pengungsi. Sejak 2001, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mencanangkan 20 Juni sebagai Hari Pengungsi Dunia. Alasannya, tepat 20 Juni 2001, Konvensi 1951 Tentang Status Pengungsi mencapai tahun ke-50.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini