nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Identitas Pemimpin Perompak Kapal Tanker Terungkap

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2015 14:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 06 23 18 1169987 identitas-pemimpin-perompak-kapal-tanker-terungkap-WbRosTBAeT.jpg Ruslan diduga pemimpin perompak. (Foto: Bernama)

PUTRAJAYA – Pihak berwenang di Malaysia berhasil menangkap delapan perompak Kapal MT Orkim Harmony. Namun dari total 13 pelaku, lima di antaranya masih dilakukan pencarian.

Pihak berwenang Malaysia juga telah berhasil mengidentifikasi para perompak. Kedelapan perompak kapal tanker itu tertangkap di dekat perairan Kepulauan Tho Chu, pada Jumat 19 Juni 2015.

Wakil Direktur Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA), Laksamana Datuk Ahmad Puzi Ab Kahar, mengatakan, lima perompak kabur menggunakan kapal penarik.

Setelah terjadi pembajakan, kelima perompak melarikan diri. Angkatan Laut Indonesia berhasil menemukan kapal itu di Batam.

Laksamana Ahmad Puzi mengatakan, perompak tertua telah teridentifikasi bernama Ruslan. Pria berusia 61 tahun itu dipercaya sebagai pemimpin kelompok perompak tersebut.

Laksamana Ahmad Puzi juga menegaskan para tersangka ditangkap bersama sejumlah uang tunai. Tapi, dia tidak bisa memverifikasi jumlah atau mata uang itu. Laksamana Ahmad Puzi mengungkapkan, para perompak ini sangat profesional.

“Mereka memiliki pengetahuan dalam pengiriman. Mereka merupakan pelaut yang berpengalaman. Begitu sampai ke MT Orkim Harmony, mereka mematikan sistem identifikasi otomatis sehingga tidak terdeteksi," kata Laksamana Ahmad Puzi, seperti diberitakan The Star, Selasa (23/6/2015).

“Ruslan bisa berbahasa Inggris dengan baik ketika bernegosiasi melalui telefon. Dia bisa saja berbicara dengan bos atau calon pembeli. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris,” sambungnya.

Selain meminta pernyataan dari anggota kru MT Orkim Harmony, MMEA juga sudah melakukan tes forensik di kapal itu untuk mengumpulkan informasi mengenai pelaku.

"Langkah selanjutnya dari kami adalah mengidentifikasi dalang atau bos besar mereka, atau apa pun yang Anda sebut mengenai orang tersebut. Tersangka diketahui membawa banyak alat komunikasi, dan kami bisa menggunakan alat itu untuk mencari tahu mereka berkomunikasi dengan siapa,” katanya.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini