Share

Datun Tak Sengaja Berbisnis Batu Akik

Selasa 23 Juni 2015 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 23 512 1169907 datun-tak-sengaja-berbisinis-batu-akik-w1eACsZ8ie.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

PURWOREJO - Seiring dengan maraknya penggemar batu akik, kini sejak memasuki bulan Ramadan, pedagang bahan maupun batu akik di Kabupaten Purworejo juga semakin banyak. Di berbagai sudut jalanan, mudah ditemui para pedagang menjajakan berbagai batu akik.

“Pangsa pasar bahan batu akik di Purworejo cukup bagus. Daya beli masyarakatnya tinggi sehingga kami datang ke sini untuk mengadu keberuntungan,” ujar Datun (34), salah seorang pedagang bahan dan batu akik, Selasa (23/06/2015).

Bersama rekannya Andik (33), warga Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbang, Banyumas itu datang ke Purworejo untuk melakukan bisnis perdagangan berbagai jenis bahan batu akik. Beraneka bongkahan batu berbagai jenis dan ukuran dijajakan di pinggir Jalan Jenderal Urip Sumoharjo.

Dikatakan, berbagai jenis batuan yang dijual itu ada jenis bacan, batu-batuan dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi serta batuan lokal dari Banjarnegara, Purwokerto, Kebumen, Purbalingga dan daerah lainnya.

“Batuan ini kami dapatkan dengan berburu ke berbagai daerah, selain secara online. Jadi mencari bahan akik ini juga tidak terlalu sulit,” tutur Datun.

Diakui, bisnis batu akik ini dilakukan secara tidak sengaja. “Awalnya kami hanya mengikuti trend batu akik, tapi kemudian tertarik terjun langsung bisnis batu akik ini,” ucap pria yang sebelumnya menekuni bisnis isi ulang air minum tersebut.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini