nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kota-Kota Pilihan untuk Studi di Prancis

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2015 13:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 06 24 65 1170519 kota-kota-pilihan-untuk-studi-di-prancis-akloNFh0os.jpg Montpellier menjadi salah satu kota pelajar di Prancis. (Foto: QS Top Universities)

JAKARTA - Prancis menjadi negara favorit tujuan kuliah di luar negeri. Setiap tahun, ratusan ribu hingga jutaan pelajar internasional memilih berbagai kota di Prancis sebagai tempat studi.

Yuk, kenalan dengan berbagai kota pilihan untuk studi di Negara Menara Eiffel ini.

Paris

Jutaan turis mengunjungi Kota Cahaya ini setiap tahun. Bahkan pada 2010 tercatat 15 juta orang dari berbagai negara mengunjungi Paris. Kota ini dikenal dengan berbagai kekayaan sejarah seperti monumen Arc de Triomphe dan katedral Notre Dame. Paris juga dihiasi berbagai museum dan galeri seperti Louvre dan Musée d'Orsay serta kafe-kafe di sepanjang jalannya.

Ada 17 perguruan tinggi negeri di Paris dan beberapa institusi pendidikan tinggi elite lainnya. Tidak heran, basis pelajar internasional yang cukup besar di berbagai perguruan tinggi tersebut menciptakan budaya intelektual dan kreatif yang unik.

Lyon

Kota Lyon terletak di perbatasan Prancis, Swiss dan Italia. Ia dikenal sebagai kota kuliner dan pusat keuangan Prancis serta dekat dengan Pegunungan Alpen. Berbagai kekayaan arsitektur kota Lyon telah diakui UNESCO sebagai warisan kekayaan dunia.

Banyaknya perguruan tinggi di Lyon membuat kota ini kaya dengan populasi pelajar internasional. Keberadaan mereka pun membuat kehidupan malam di Lyon lebih dinamis.

Toulouse

Terletak di perbatasan barat daya Prancis dengan Andora dan Spanyol, Toulouse dikenal sebagai kota industri aerospace.

Toulouse memiliki populasi mahasiswa cukup besar dan dikenal dengan beragam budaya alternatifnya. Berbagai perguruan tingginya sangat bersejarah. Salah satu institusi pendidikan yang berdiri sejak abad ke-13 kini berpisah menjadi Université Toulouse 1, Capitole; dan Université Toulouse II, Le Mirail.

Montpellier

Dominasi para pelajar dunia sangat terasa di Montpellier. Sekira seperempat dari total populasi di kota ini adalah mahasiswa di berbagai perguruan tinggi. Tiga kampus di antaranya masuk dalam pemeringkatan QS World University Rankings 2012/2013. Selain itu, salah satu perguruan tinggi di Montpellier yaitu Université Paul-Valéry Montpellier III ada di peringkat ke-7 kampus tertua di dunia. Montpellier juga cocok bagi para pecinta laut dan pantai.

Lille

Dulu Lille dikenal sebagai kota industri di Prancis. Namun kini Lille tersohor dengan kekayaan budayanya. Para pecinta travelling bisa memilih Lille sebagai kota tujuan studi. Sebab, mereka bisa dengan mudah bepergian ke berbagai kota di negara tetangga seperti London. Bahkan, jika pergi ke Brussel, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Belanda atau Jerman.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini