Skill Wajib Guru Masa Kini

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 24 Juni 2015 12:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 24 65 1170525 skill-wajib-guru-masa-kini-M82MtlrjmL.jpg Guru tidak hanya harus bisa mengajar, tetapi juga memiliki kemampuan lain yang ditularkan ke anak didiknya. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Kita tahu bahwa akhir tahun ini Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan diberlakukan di Indonesia. Karena itulah kompetensi harus ditingkatkan termasuk pada profesi guru.

Dan di abad ke-21 ini ada sejumlah skill yang wajib dimiliki oleh seorang guru. Menurut Guru Blogger, Wijaya Kusumah, kemampuan tersebut adalah cara berpikir, cara bekerja, keterampilan untuk hidup di dunia serta alat untuk bekerja.

"Tidak semua guru berpikir kreatif, semua masih menunggu, masih pasif. Saya berharap ada guru-guru yang aktif dan berani untuk berpikir kreatif," ungkapnya dalam diskusi pendidikan di Kemendikbud, Rabu (24/6/2015).

Guru juga butuh keterampilan hidup untuk diajarkan kepada siswanya. Om Jay, demikian dia biasa disapa, mengilustrasikan, saat ini angkatan kerja Tanah Air didominasi oleh mereka yang hanya lulus sampai Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, setiap tahun ada sekira 500 ribu orang yang berhasil menjadi sarjana. Padahal, jumlah kelahiran mencapai 1,5 juta jiwa.

"Kalau yang lahir ada 1,5 juta tapi yang lulus sarjana hanya 500 ribuan orang, yang satu jutanya mau dikemanakan? Di sinilah peran guru agar dapat membekali anak-anak yang hanya lulus SMA itu," tambahnya.

Pria yang aktif menulis blog itu juga menyoroti masih banyaknya guru yang gagap teknologi (gaptek), tidak hanya di daerah namun juga kota-kota besar. Menurutnya, masih banyak guru yang belum dilatih untuk menulis sehingga belum memiliki buku sendiri.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini