nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenalan dengan 10 Kampus Top di Prancis

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2015 18:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 24 65 1170587 kenalan-dengan-10-kampus-top-di-prancis-yG1ryQ6E7e.jpg Perguruan-perguruan tinggi elite di Prancis tersebar di berbagai kota. (Foto: QS Top Universities)

JAKARTA - Prancis tidak pernah absen masuk dalam daftar kampus dunia. Bahkan, pada pemeringkatan QS World University Rankings 2014/2015, dua perguruan tinggi Prancis termasuk Top 50.

Perguruan-perguruan tinggi elite di Prancis tersebar di berbagai kota seperti Lyon, Grenoble, Strasbourg, Bordeaux, Marseille, Montpellier, Toulouse dan Lille. Keberadaan para mahasiswa asing pun menciptakan kultur unik pada kota-kota pelajar tersebut.

Selain itu, biaya kuliah yang cenderung murah pada berbagai perguruan tinggi Prancis pun menjadi alasan lain negara ini dipilih sebagai tempat studi favorit pelajar dunia. Yuk, kenalan dengan 10 kampus top di Prancis berdasarkan QS World University Rankings 2014/2015.

1. École Normale Supérieure, (ENS Paris)

ENS menempati peringkat 24 dunia. Tetapi, kampus yang berlokasi di Kota Paris ini ada di peringkat pertama perguruan tinggi terkemuka, tidak hanya di Prancis tetapi juga di Eropa, berdasarkan Times Higher Education Supplement.

Didirikan pada 1794, ENS dikenal sebagai institusi elite dalam pendidikan tinggi dan riset di Prancis. Bahkan, semua peraih nobel Matematika dan belasan peraih nobel di bidang lainnya dari Prancis merupakan alumni ENS. Saat ini ENS menampung sekira 2.500 mahasiswa.

2. École Polytechnique ParisTech

Selama lebih dari 200 tahun, perguruan tinggi prestisius ini telah mendedikasikan diri dalam pendidikan terbaik sains dan teknologi. Menempati peringkat 35 dunia, Ecole Polytechnique melahirkan berbagai karya inovatif seperti kereta super cepat Prancis yaitu TGV; pesawat terbang komersial Concorde dan Airbus; sistem telekomunikasi seluler GSM; hingga reaktor nuklir.

Ecole Polytechnique kini menjadi rumah bagi 2.500 mahasiswa, lebih dari 900 dosen dan 1.600 orang di pusat riset mereka.

3. Université Pierre et Marie Curie (UPMC)

Fokus perguruan tinggi peraih rangking 115 dunia ini adalah pendidikan sains dan kedokteran. Saat ini ada 4.000 peneliti dan dosen, 180 laboran, serta sekira 30 ribu mahasiswa berbagai jenjang.

4. Ecole Normale Supérieure de Lyon

Sembari melestarikan tradisi riset dan pelatihan sejak abad 19, perguruan tinggi peringkat 179= dunia ini memfokuskan pengembangan pada empat objek strategis yaitu interdisiplin, inovasi digital, internasionalisasi dan interaksi dengan masyarakat.

5. Université Paris-Sud 11

Paris-Sud University menyelenggarakan pendidikan di hampir semua bidang pengetahuan kecuali ilmu manusia. Dalam QS World University Rankings 2014/2015, kampus ini meraih peringkat ke-209.

6. Université Paris Diderot - Paris 7

Berada di peringkat ke-210, kampus ini memasang standar tinggi dalam mendidik para calon sarjana, master dan doktor mereka. Saat ini 2.300 dosen dan peneliti mendidik 27 ribu mahasiswa dari berbagai sektor ilmu.

7. Université Joseph Fourier (UJF) - Grenoble 1

Tercatat ada 17 ribu mahasiswa menempuh studi di kampus yang menempati peringkat 215= dunia ini. UJF menawarkan 52 program studi jenjang sarjana, 84 program magister berorientasi riset dan memiliki delapan sekolah doktoral.

8. Sciences Po Paris

Berdiri sejak 1871, Sciences Po adalah kampus unggulan Prancis dalam bidang ilmu sosial. Selain memiliki program internasional, kampus peringkat 222= dunia ini juga menawarkan ratusan program gelar ganda. Saat ini lebih dari 12 ribu mahasiswa menempuh studi di Sciences Po, 46 persen di antaranya mewakili 150 negara.

9. Université de Strasbourg

Sejak 1 Januari 2009, tiga perguruan tinggi di Kota Strasbourg, Prancis, yaitu Louis Pasteur, Marc Bloch dan Robert Schuman bergabung menjadi satu yaitu University of Strasbourg. Perguruan tinggi peringkat 226 dunia ini menampung 41.058 mahasiswa, 20,5 persen di antaranya merupakan mahasiswa asing. Mereka tersebar pada 37 fakultas, sekolah tinggi dan institut.

10. Université Paris-Sorbonne (Paris IV) 

The University of Paris-Sorbonne Paris IV menawarkan studi yang mencakup berbagai bidang seni, bahasa dan ilmu sosial. Selain menjadi rumah bagi para mahasiswa sarjana, kampus ini juga dikenal sebagai perguruan tinggi riset terkemuka di dunia.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini