Israel Tangkap Kapal yang Lewati Blokade Gaza

Pamela Sarnia, Okezone · Senin 29 Juni 2015 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 29 18 1173232 israel-tangkap-kapal-yang-lewati-blokade-gaza-r7oZUk0BLj.jpg Israel Tangkap Kapal yang Lewati Blokade Gaza (Foto: AFP)

YERUSALEM - Pasukan Angkatan Laut (AL) Israel mengambil alih kapal milik aktivis yang berupaya melanggar blokade Gaza. Pasukan AL mengiringi kapal tersebut menuju sebuah pelabuhah di sebuah pulau pada awal pagi hari ini.

"Berdasarkan hukum internasional, AL Israel beberapa kali memberi peringatan kepada kapal tersebut untuk mengubah arah," isi pernyataan AL Israel, sebagaimana dilaporkan AFP, Senin (29/6/2015).

"Menyusul penolakan mereka ketika pasukan AL menaiki kapal dan mencarinya di perairan internasiolah untuk mencegah upaya mereka untuk melanggar blokade maritim Perbatasan Gaza," sambungnya.

Diketahui bahwa kapal tersebut bernama Marianne of Gothenburg yang berbendera Swedia. Kapal itu bagian dari Freedom Flotilla III, konvoi empat kapal yang membawa aktivis pro-Palestina, termasuk seorang penegak hukum keturunan Arab-Israel, Basel Ghattas serta mantan Presiden Tunisia, Moncef Marzouki, dan setikdaknya seorang penegak hukum asal Eropa.

"Armada kapal kecil ini tidak lain adalah demonstrasi kemunafikan dan kebohongan yang hanya membantu organisasi teroris Hamas dan mengabaikan seluruh horor yang terjadi di wilayah kita," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Pencegahan masuknya kapal ke perairan negara telah diselesaikan sesuai dengan hukum internasional dan bahkan mendapat dukungan dari komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)," imbuhnya.

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini