Suka Duka Belajar Bahasa Mandarin

Afriani Susanti , Okezone · Selasa 30 Juni 2015 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 30 65 1173605 suka-duka-belajar-bahasa-mandarin-hBq5zFKC38.jpg Bahasa Mandarin kiat banyak dipelajari. (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Bahasa Mandarin saat ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat. Ketertarikan masyarakat untuk mempelajari bahasa Tirai Bambu tersebut juga dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi yang pesat.

Seperti pengalaman mahasiswi di Universitas Nanchang, Tiongkok, Siti Marwah yang mengaku bahwa selama dirinya mempelajari bahasa Mandarin banyak suka duka yang dialaminya.

"Belajar bahasa Mandarin banyak suka dukanya. Dukanya sudah ada sejak pertama kali belajar, awalnya sempat kaget karena saya pikir kesulitan belajar bahasa Mandarin itu terletak pada penulisan hurufnya (Hanzi) tetapi setelah mempelajarinya ada yang lebih sulit yaitu nada (sheng diao)," ungkapnya kepada Okezone melalui surat elektronik, belum lama ini.

Dalam mempelajari bahasa Mandarin, sebuah pelafalan bunyi menjadi hal yang sangat penting. Karena kesalahan pada bunyi kata yang diucapkan, akan menimbulkan arti yang berbeda.

"Kesalahan tersebut karena kesalahan nada yang diucapkan," ujarnya.

Menurut wanita berhijab itu, dalam menguasai bahasa Mandarin, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Karakter dari bahasa Mandarin (Hanzi), pinyin serta nada (shengdiao).

Dalam percakapan, nantinya akan ditemui banyak kata-kata yang sama. Namun dengan nada berbeda-beda, sehingga dalam penulisan karakter pun akan berbeda. Fokusnya adalah penguasaan nada dengan baik, karena dengan begitu maka dalam pengucapan kata akan baik dan benar. Sehingga masyarakat lokal pun bisa memahaminya.

Bagi Marwah, sapaan akrabnya, hal menyenangkan dari belajar bahasa Mandarin adalah ketika masyarakat lokal sudah bisa mengerti apa yang ia ucapkan kepada mereka.

"Sukanya pas berhasil melewati kesulitan-kesulitan itu dan pada saat kita bercakap dengan masyarakat atau mahasiswa lokal, mereka langsung mengerti. Bahagianya itu luar biasa," tambahnya. (afr)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini