Share

4 Fakta Unik Hari Kemerdekaan AS

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 04 Juli 2015 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 04 18 1176230 4-fakta-unik-hari-kemerdekaan-as-pxg8Oz02Fd.jpg 4 Fakta Unik Hari Kemerdekaan AS (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Tanggal 4 Juli diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS). Pada hari ini warga AS merayakannya dengan berkumpul, bersenang-senang dan menonton kembang api.

Ada beberapa fakta yang mungkin tidak banyak diketahui oleh umum mengenai kemerdekaan AS. Berikut beberapa fakta unik yang diambil dari IBTimes, Sabtu (4/7/2015).

1. Hanya dua orang yang tanda tangan naskah deklarasi kemerdekaan

Salah satu hal penting dari perayaan kemerdekaan AS adalah naskah deklarasi kemerdekaan (Declaration of Independence) yang mengumumkan berpisahnya AS dari Inggris. Naskah yang selesai ditulis oleh Thomas Jefferson pada 4 Juli 1776 itu ditandatangani 56 orang perwakilan dari 13 koloni yang ikut berjuang melawan Inggris dalam Revolusi Amerika.

Ternyata banyak pihak percaya bahwa yang menandatangani naskah tersebut pada 4 Juli 1776 hanya dua orang saja, salah satunya adalah John Hancock yang menjabat sebagai Presiden Kongres saat itu, sedangkan para perwakilan lainnya membubuhkan tanda tangan mereka nyaris sebulan kemudian pada 2 Agustus 1776. Perdebatan mengenai tanggal penandatanganan ini masih berlangsung di kalangan sejarawan AS.

2. Tiga presiden AS meninggal pada 4 Juli

Selain diperingati sebagai Hari Kemerdekaan 4 Juli juga merupakan tanggal di mana tiga Presiden AS, John Adams, Thomas Jefferson, dan James Monroe meninggal. Ketiga presiden ini adalah sosok pendiri AS yang ikut berperan dalam pengumuman Deklarasi Kemerdekaan.

Adams adalah presiden kedua AS, yang digantikan oleh Jefferson sebagai presiden ketiga, sedangkan Monroe adalah presiden kelima. Presiden ke-30 AS, Calvin Coolidge lahir pada tanggal 4 Juli 1872.

3. Hari Kemerdekaan AS dijadikan hari libur setelah ratusan tahun

Peringatan Hari Kemerdekaan AS mulai ditetapkan sebagai hari libur nasional AS sejak 1938, ratusan tahun setelah deklarasi kemerdekaan itu sendiri. Hari itu adalah salah satu dari lima hari libur resmi yang ada di AS selain perayaan Tahun Baru, Thanksgiving, Hari Veteran, dan Natal.

4. Hari Kemerdekaan AS dirayakan di berbagai negara

Tidak hanya di AS perayaan Hari Kemerdekaan negara adidaya ini juga diperingati di beberapa negara lainnya, yaitu Denmark, Inggris, Norwegia, Portugal. dan Swedia. Hal ini disebabkan karena kedatangan para ribuan imigran dan turis dari AS di negara-negara tersebut setiap awal Juli serta sebuah upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan terutama dari AS.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(pam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini