Image

Datangi Ponpes Tebuireng, HT Kenang Kebersamaan dengan Gus Dur

Erika Octaviana, Jurnalis · Senin, 6 Juli 2015 - 00:00 WIB
Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo kunjuni Ponpes Tubuireng (foto: dok Okezone) Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo kunjuni Ponpes Tubuireng (foto: dok Okezone)

JOMBANG - Hary Tanoesoedibjo (HT) punya banyak kenangan dengan almarhum KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Memori kebersamaannya dengan presiden ke-4 Indonesia itu bangkit saat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur (Jatim), Minggu (5/7/2015).

Ketua Umum Partai Perindo itu, menceritakan kenangannya bersama Gus Dur kepada Farida Salahuddin Wahid, istri Salahuddin Wahid yang merupakan pengasuh Ponpes Tebuireng.

"Waktu istri saya hamil anak kami yang kelima, Gus Dur kasih saya sarung. Katanya biar lahirnya lancar," ungkap HT lalu tertawa. Farida dan sejumlah pengurus Ponpes Tebuireng ikut tertawa mendengarnya.

Sebelum Gus Dur menjadi presiden, lanjut HT, dirinya dan Gus Dur bekerjasama membangun bisnis. Salah satunya memproduksi jamu yang dilabeli 9 Bintang.

"Produk jamunya dipasarkan di kalangan NU," kata HT.

Usai bernostalgia, HT berziarah ke makam Gus Dur yang berada di kawasan Ponpes Tebuireng. Dia juga menabur bunga di makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim, ayah Gus Dur.

Ziarah ke makam Gus Dur merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadan yang dilakukannya di Jatim.

Selain itu, HT juga menjadi pembicara dalam seminar Membangun Kemandirian Wirausaha Berbasis Teknologi dan Inovasi di Universitas Hasyim Asy'ari, Jombang. Dan bersilaturrahim ke Ponpes Bayt Al Hikmah di Pasuruan, buka puasa bersama di Masjid Cheng Hoo, Surabaya serta meninjau pameran UMKM dan batu akik di Jatim Expo.

Setelah Jatim, HT akan melakukan Safari Ramadhan di Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Dalam safari Ramadan Hary Tanoe didampingi Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, Ketua Bidang Organisasi Syafril Nasution, dan sejumlah pengurus DPP Partai Perindo lainnya. (awl)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming