nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Potensi Mata Air Panas Berlimpah di Padang Cermin

ant, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2015 07:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 09 340 1178684 potensi-mata-air-panas-berlimpah-di-padang-cermin-dyAnJnkKA4.jpg Kolam Air. (Foto: Antara)

LAMPUNG - Potensi mata air panas bumi di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, berlimpah. Sumber air panas itu tersebar di sejumlah lokasi, namun baru sebagian kecil yang dikelola.

Di kawasan Wayratai dan Way Cempaka,Padangcermin, lokasi mata air panas alami banyak tersebar di kawasan permukiman, perkebun warga, maupun area milik Pangkalan TNI AL Lampung.

Salah satu yang sudah dikelola adalah mata air panas di kawaasan Way Cempakan. Di sana TNI AL mengelolanya menjadi tempat Pemandian Air Panas Way Cempaka. Itu didirikan di pinggir jalan lintas dari Kota Bandarlampung ke Padangcermin, tepatnya di Desa Margodadi IV.

Pemandian air panas untuk umum ini sedang dikerjakan kelengkapan fasilitasnya. Sejumlah pekerja sedang menaikkan konstruksi atap di atas kolam pemandian. Kawasan ini dikelola Unit Inkopal (Induk Koperasi TNI AL) Lampung.

Menurut Ahmad (39), salah satu pekerja yang mengawasi pembangunan pemandian air panas itu, sumber air panas di kolam itu berasal dari pengeboran mata air panas yang ada di jalan seberangnya.

Air panas itu kemudian ditampung ke dalam beberapa bak, lalu dialirkan dengan pipa menyeberangi jalan ke bak kolam pemandian umum. Pemandian air panas itu mulai dikembangkan sejak tahun 2014, dengan tarif Rp5.000 per orang untuk dewasa, dan anak-anak Rp3.000 per orang.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini