nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Jamaah Balakasuto di Banten Kembali Masuk Islam

ant, Jurnalis · Sabtu 18 Juli 2015 01:23 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 07 17 340 1183015 14-jamaah-balakasuto-di-banten-kembali-masuk-islam-KcqO0OTAL4.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

LEBAK - Sebanyak 14 jamaah ajaran Balakasuto di Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten kembali masuk agama Islam.

"Semua jamaah Balaksuto itu sudah kembali menganut Islam," kata Camat Lebak Gedong Vidya Indra di Lebak, Jumat (17/7/2015).

Ia mengatakan, sebelumnya aliran Balakasuto telah ditetapkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) setempat sebagai ajaran sesat dan menyesatkan karena Faham Balakasuto bertentangan dengan akidah agama Islam.

Pada ajaran mereka, penganut tidak diwajibkan melaksanakan shalat lima waktu dengan alasan orang yang mendirikan salat belum pernah bertemu dengan Allah SWT. Selain itu, tidak mewajibkan haji serta nisab atau mengeluarkan sejumlah harta benda karena zakat tidak perlu dilakukan.

Vidya menjelaskan, mereka berkeyakinan bahwa uangnya cukup diberikan kepada sosok bernama Eyang Surya Badrullah. Mereka juga menganggap malaikat itu bodoh karena tidak punya aktivitas yang berbeda.

"Kami berharap para jamaah Balakasuto yang sudah masuk Islam tidak terpengaruh lagi ajaran yang menyesatkan," kata Vidya.

Di tempat berbeda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebak Encep Safrudin Muhyi mengatakan pihaknya akan mengoptimalkan pembinaan dan penyuluhan kepada petugas KUA, penyuluh keagamaan, pengelola pendidikan Islam, MUI kecamatan dan tokoh agama.

Pembinaan ini, kata dia, untuk mencegah ajaran sesat di masyarakat, termasuk ajaran Balakasuto yang ada di Kecamatan Lebak Gedong.

"Kami minta ajaran sesat itu tidak berkembang di kalangan masyarakat, karena merusak akidah agama Islam," kata dia.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Komisi Fatwa MUI Kabupaten Lebak KH Baijuri mengatakan pihaknya memberikan apresiasi terhadap jamaah Balakasuto yang kembali masuk agama Islam dan diharapkan tidak terpengaruh ajakan ajaran sesat.

"Kami akan melakukan bimbingan agar mereka memahami ajaran Islam yang benar," pungkasnya. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini