nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jabodetabek Masih Jadi Tujuan Utama Urbanisasi

Markus Yuwono, Sindoradio · Sabtu 25 Juli 2015 05:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 24 510 1185178 jabodetabek-masih-jadi-tujuan-utama-urbanisasi-AMzm0WklEG.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

YOGYAKARTA - Kawasan Jabodetabek masih menjadi favorit tujuan urbanisasi warga Gunungkidul, DIY, pasca-lebaran tahun 2015. Walaupun dari daftar pembuat kartu kuning tercatat tidak sebanyak tahun lalu, namun hal itu lantaran sejumlah perusahaan tidak lagi menyertakan kartu kuning sebagai persyaratan mencari kerja.

"Kami perkirakan ada 25 persen pemudik yang membawa sanak saudaranya untuk merantau," kata Kepala dinsosnakertrans Gunungkidul, Dwi Warna Widi Nugraha pada 24 Juli 2015

Dwi mengatakan, pihaknya tidak bisa melarang masyarakat untuk merantau ke luar daerah. Namun demikian, pihaknya berharap masyarakat memiliki ketrampilan sehingga tidak menimbulkan masalah baru di kota tujuan. "Harus punya kemampuan untuk bekerja," katanya.

Ditanyakan mengenai pencari kartu kuning atau Ak 1, ia mengatakan, jumlahnya tidak sebanyak tahun lalu. Hal itu terlihat dari tidak banyaknya masyarakat yang mendatangi loket meski buka saat libur bersama.

"Tidak sebanyak tahun lalu, kemungkinan karena saat ini perusahaan tidak lagi membutuhkan kartu kuning dalam persyaratan,"katanya.

Kepala seksi penyediaan dan penempatan tenaga kerja Disosnakertrans Gunungkidul, Eko Budiyono menjelaskan bahwa sebagian besar pencari kerja menjadikan Jabodetabek menjadi tujuan utamanya. "Jabodetabek masih menjadi favorit pencari kerja dari Gunungkidul," katanya.

Ia menambahkan, pada bulan Juni mencapai 122 orang dengan jumlah lulusan SMK paling banyak. Sementara yang sudah bekerja sebanyak 56 orang.

"Kemungkinan minimnya pencari kerja yang melapor balik menyebabkan jumlahnya jauh di bawah yang mencari kerja dibandingkan yang mendapatkan," katanya. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini