Share

"Si Doel" Akan Pimpin Banten Tanpa Wakil

Rasyid Ridho , Sindonews · Kamis 30 Juli 2015 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 29 340 1187571 si-doel-akan-pimpin-banten-tanpa-wakil-p4sVs1LchO.jpg Rano Karno (Foto: Dok Okezone).

SERANG - Selama menjabat Gubernur definitif Banten, Rano Karno tak perlu memilih pendamping untuk memimpin Banten di masa sisa jabatannnya hingga Oktober 2016 atau tidak lebih dari 18 bulan.

Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah, mengatakan berdasarkan PP Nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan, pengangkatan, dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah, dan mengacu kepada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Rano Karno tidak perlu didampingi oleh wakil gubernur.

โ€œKalau menurut peraturannya tidak membutuhkan wakil, karena kurang dari 18 bulan. Kecuali ada PP baru yang menggugurkan PP sebelumnya.,โ€ kata Asep, pada Rabu (29/7/2015).

Pemeran sinetron Si Doel Anak Sekolahan, menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten sejak Ratu Atut Chosiyah tersangkut kasus suap Pilkada Kabupaten Lebak dan dinonaktifkan oleh Presiden SBY pada 13 Mei 2014.

Setelah itu, Rano memimpin tanah jawara sendiri. Padahal jika dinilai secara struktur pemerintahan, jalannya roda pemerintahan tidak akan berjalan sempurna tanpa seorang wakil.

"Yah secepatnya dilantik dulu, karena kita akan mengikuti aturan saja. Tapi kalau masalah wakil, kita mengacu pada Peraturan Pemerintah dan Undang-Undang itu," jelas dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi secara resmi memecat Ratu Atut Chosiyah sebagai Gubernur Banten berdasarkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 63/P tahun 2015 karena proses hukum yang menimpa mantan orang nomor satu di Banten sudah inkrahct, atau berkekuatan hukum tetap. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini