nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Yogyakarta Bakal Tutup Paksa Minimarket Ilegal

Selasa 04 Agustus 2015 11:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 04 510 1190166 pemkot-yogyakarta-bakal-tutup-paksa-minimarket-ilegal-3Go4Y7qtGa.jpg Ilustrasi. (dok.Okezone)

YOGYAKARTA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bakal menutup paksa dua minimarket ilegal di Jalan Batikan dan Jogokaryan. Dua minimarket berjejaring itu dipastikan akan segera ditutup karena Pengadilan Negeri Yogyakarta memutuskan pendiriannya melanggar hukum.

Wakil Walikota Jogja Imam Priyono menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan putusan itu. “Saya akan tanda tangan mengingat prosedurnya sudah berjalan,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Kendati demikian, ia tidak akan semena-mena melakukan penutupan, namun lebih mengedepankan sikap preventif. Artinya, pengusaha yang memiliki minimarket tersebut lebih dulu diberi peringatan. “Agar kondusif dan masyarakat merasa aman,” ucapnya.

Imam mengatakan, penutupan secara paksa dapat dilakukan ketika tiga kali peringatan pasca-putusan pengadilan tidak dihiraukan oleh pengusaha.

Selain itu, sesuai Perwal Nomor 79 Tahun 2010, sudah diatur jumlah minimarket berjejaring. Yakni hanya 52 unit. Selebihnya, pemkot tidak akan mengeluarkan izin.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini