Image

Mahasiswa Plonco Junior, Siap-Siap Diskors!

Afriani Susanti , Jurnalis · Selasa, 4 Agustus 2015 - 12:02 WIB
Suasana ospek Unika Atma Jaya Jakarta. (Foto: Afriani S/Okezone) Suasana ospek Unika Atma Jaya Jakarta. (Foto: Afriani S/Okezone)
JAKARTA - Aksi plonco sudah menjadi tradisi masa orientasi pengenalan kampus (ospek) bagi mahasiswa baru di Indonesia. Tapi, siap-siap dapat sanksi tegas jika kamu melakukannya ke junior.

Penanggung Jawab Pengenalan Kampus Unika Atma Jaya Jakarta, Ir. Makdin Sinaga, MSc, menjamin kegiatan ospek di kampusnya jauh dari kesan perploncoan. Meski demikian, pihaknya pun sudah menyiapkan sanksi bagi mahasiswa melanggar aturan tersebut.

"Kami beri peringatan, baik pada dosen maupun mahasiswanya. Kami juga akan memberikan skors, apalagi ada kasus siswa meninggal, tapi belum tahu itu terindikasi karena MOS atau bukan," ungkap Makdin belum lama ini.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III itu mengimbuhkan, kampus sudah menetapkan aturan main pelaksanaan ospek. Mereka juga memantau kegiatan setiap saat.

Fasilitator ospek, kata Makdin, adalah mahasiswa dan dosen yang sudah diberi pelatihan khusus. Ada juga fungsi liasion officer (LO) yang menjadi penguhubung antarposko mengenai apa yang terjadi di lapangan.

Makdin menegaskan, pihaknya berkomitmen menggelar ospek tanpa plonco. Sehingga, instruksi Menristek Dikti tentang hal itu pun tidak terlalu berpengaruh karena mereka sudah menjalankannya lebih dulu.

"Terlebih lagi kami punya nilai-nilai dalam Unika Atma Jaya. Kalau tidak dijalankan, itu hanya slogan dan tidak ada artinya," tambahnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming