Sekuntum Rafflesia Mekar Sempurna di Palak Siring Kemumu

Demon Fajri, Okezone · Jum'at 07 Agustus 2015 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 07 340 1192153 sekuntum-rafflesia-mekar-sempurna-di-palak-siring-kemumu-2yjsSaHUQ4.jpg foto: Demon Fajri/Okezone

BENGKULU - Sekuntum bunga Rafflesia Arnoldi mekar sempurna di kawasan obyek wisata Air Terjun Palak Siring Kemumu, Kecamatan Arma Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu.

Bunga raksasa yang memiliki diameter sekira 80 sentimeter dan mempunyai lima kelopak ini diperkirakan akan mekar hingga lima hari ke depan.

"Di dekat bunga Rafflesia yang mekar masih ada sekira enam bongkol lagi yang akan mekar beberapa minggu ke depan," kata anggota Kelompok Pencita Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Budi Achmadi, Jumat (7/8/2015).

Bunga Rafflesia yang mekar di kawasan obyek wisata tersebut, kata dia, merupakan bunga ketiga yang mekar di sana. Kawasan itu merupakan habitat tumbuhnya puspa langka Rafflesia. Hal ini ditandai dengan adanya inang (induk) bunga Rafflesia.

"Bunga itu terletak dua puluh meter dari tepi jalan raya menuju obyek wisata air terjun Kemumu. Untuk menikmati bunga raksasa ini dari Kota Bengkulu, membutuhkan waktu sekira 1,5 jam," pungkasnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini