Warga Temukan Empat Bonggol Rafflesia Spesies Baru

Demon Fajri, Okezone · Selasa 11 Agustus 2015 03:22 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 11 340 1193899 warga-temukan-empat-bonggol-rafflesia-spesies-baru-iYOUJmtcXC.jpg foto: dok. Okezone

BENGKULU - Empat buah bonggol bunga Rafflesia spesies baru Bengkuluensis, kembali ditemukan warga Desa Manau Sembilan Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Satu di antaranya sudah siap mekar.

Penemuan tersebut berawal saat seorang satu warga desa hendak mencari burung, di sekitar hutan di tepi Sungai Tanah Abang. Secara tidak sengaja ia menemukan bonggol bunga Rafflesia spesies baru yang diperkirakan akan mekar pada 14 Agustus mendatang.

Ketua KPPGPPL (Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka) Kabupaten Kaur, Noprianto, mengatakan, lokasi bonggol bunga Rafflesia spesies Bengkuluensis yang ditemukan warga berjarak sekira 5 kilometer dari pemukiman warga Desa Manau Sembilan.

"Kami sudah cek ke lokasi, kalau tidak ada halangan bunga Rafflesia spesies Bengkuluensis ini akan mekar 14 Agustus nanti," kata Noprianto kepada okezone, Senin (10/8/2015).

Ia mengatakan, di lokasi penemuan bunga rafflesia terdapat empat bonggol bunga Rafflesia spesies Bengkuluensis dan satu tetrastigma. Untuk tiga bonggol, terang dia, masih berukuran kecil dalam fase kopula dan satu bonggol sudah berukuran besar dalam fase perigon sempurna, yang artinya siap mekar satu minggu mendatang.

"Untuk menuju lokasi bunga rafflesia pengunjung bisa mengendarai kendaraan roda dua, dengan memakan waktu sekira 20 menit hingga areal perkebunan warga. Lalu, pengunjung mesti berjalan kaki menelusuri aliran anak sungai kecil Tanah Abang dengan memakan waktu sekira 10 menit hingga ke lokasi bunga Rafflesia," terang Noprianto.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini