Air PDAM Tak Layak Konsumsi karena Sudah Tercemar

ant, · Selasa 11 Agustus 2015 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 11 340 1193970 air-pdam-tak-layak-konsumsi-karena-sudah-tercemar-vYO5RJo2a3.jpg Ilustrasi PDAM. (Foto: Pikiran Rakyat)

SAMARINDA – Kepala Sub Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Okdilia Subiyono, mengatakan, tingkat keasaman atau PH air baku PDAM setempat di bawah standar. Diduga akibat tercemar limbah sebuah perusahaan tambang batu bara.

"Rata-rata tingkat keasaman air baku PDAM hanya 4,6 sampai lima," ujarnya, Selasa (11/8/2015). Dengan demikian, air tersebut dinilai tidak layak konsumsi.

Okdilia menambahkan, tingkat keasaman air yang layak konsumsi harusnya 6 hingga delapan. Di bawah itu, airnya akan terasa masam dan kecut.

Penelusuran pencemaran air PDAM sendiri dimulai dengan meninjau air dalam kolam sedimentasi perusahaan tambang batu bara. Setelah itu, diketahui limbahnya dibuang ke aliran Sungai Lawe-Lawe yang merupakan sumber air baku PDAM Penajam Paser Utara.

Oleh karena itu, Okdilia akan melaporkan pencemaran itu kepada atasannya. "Jika aktivitas perusahaan di sekitar Sungai Lawe-Lawe itu dapat mengganggu proses pengolahan air PDAM, kami akan minta penghentian sementara kegiatan perusahaan tersebut," ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini