Kesal, Warga Surabaya 'Daftarkan' Dua Ekor Sapi ke KPU

Nurul Arifin, Okezone · Selasa 11 Agustus 2015 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 11 519 1194106 kesal-warga-surabaya-daftarkan-dua-ekor-sapi-ke-kpu-Yy1EP5qTMl.jpg Sapi yang didaftarkan ke KPU Kota Surabaya (Nurul Arifin/Okezone)

SURABAYA – Kesal dengan tidak adanya pasangan lain yang mendaftar sebagai Calon Walikota (Cawali) dan Calon Wakil Walikota (Cacawali), warga mendaftarkan dua ekor sapi sebagai pasangan Cawali dan Cawawali ke KPU Kota Surabaya.

Pendaftaran dua ekor sapi berjenis kelamin betina dan jantan ini dilakukan oleh ratusan warga yang tergabung dalam Forum Warga Peduli Pilkada Surabaya.

Menurut kordinator aksi, Aprizaldi, langkah yang dilakukannya ini juga sebagai sindiran kepada partai politik di Kota Surabaya yang enggan mendaftarkan pasangan calonnya untuk bertanding dalam Pilkada serentak pada 9 Desember melawan pasangan Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana yang terlebih dahulu didaftarkan oleh PDI Perjuangan.

"Sapi saja berani daftar sebagai cawali dan cawawali Kota Surabaya. Masak elit-elit partai politik tidak berani, katanya, Selasa (11/8).

Ia mengatakan, sikap KPU yang berencana menunda Pilkada karena hanya ada calon tunggal juga tidak aspiratif. KPU teleh mengebiri hak-hak konstitutional warga Surabaya. Oleh karena itu, meskipun hanya ada calon tunggal, warga menuntut Pilkada tetap digelar tepat waktu tidak ada penundaan.

β€œIni adalah permintaan warga Surabaya. Meski ada calon tunggal harus disahkan," ujarnya.

Aprizaldi mengatakan, dua ekor sapi ini sengaja didatangkan dari Kecamatan Benowo, Surabaya. Sedangkan massa yang menggelar aksi ini terdiri dari sejumlah elemen masyarakat di Surabaya seperti, Komunitas Pengurus Kampung (KPK), Paguyuban Sepeda Onthel, Paguyuban Tukang Becak dan lain-lain.

Hingga siang ini, di KPU Kota Surabaya masih ada cawali Tri Rismaharini dan Cawawali Wishnu Sakti Buana yang diusung oleh PDIP. Sementara, informasi yang diperoleh Okezone, rencananya pada pukul 15.00 WIB nanti, pasangan Rasiyo-Abror yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional akan mendaftar ke KPU Kota Surabaya sebagai lawan tanding pasangan Risma-Wishnu. (fds)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini