nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketua DPR Apresiasi Pramono Masuk Kabinet Kerja

Gunawan Wibisono, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2015 14:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 12 337 1194933 ketua-dpr-apresiasi-pramono-masuk-kabinet-kerja-CqG46vaGZa.jpg Ketua DPR Setya Novanto Bersama Pramono Anung dan Elite Politik (foto: Antara)

JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memilih Pramono Anung menjadi Sekretaris Kabinet (Seskab) mengantikan Andi Widjajanto.

Menurut pria yang akrab disapa Setnov ini, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDIP) tersebut bisa memberi kontribusi yang bagus lantaran berpengalaman menjadi anggota DPR.

"Saya beri apresiasi karena Pak Pram yang dikenal selama pimpinan DPR punya pengalamaan dedikasi dan akan menjadi kekuatan karena Pak Pram tahu hubungan pemerintah dan DPR," ujar Setnov di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Selain itu, politikus Partai Golkar ini juga mengapresiasi Presiden Jokowi lantaran memilih mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution, untuk menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil.

"Darmin punya pengalaman jadi Gubernur BI dan tahu seluk-beluk ekonomi Indonesia dan dunia. Dengan adanya Darmin ada ruang besar dan masukan berarti. Darmin diharapkan bisa berikan masukan dan program yang direncanakan Presiden Jokowi," tuturnya.

Berikut ini nama-nama menteri yang telah dilantik Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Istana Negara.

1. Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan menjabat Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Tedjo Edhy Purdijanto. Dalam hal itu, Luhut akan merangkap jabatan posisi menteri itu dengan jabatan Kepala Staf Kepresidenan.

2. Mantan Gubernur BI, Darmin Nasution, akan menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil.

3. Menko Perekonomian pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Rizal Ramli, akan menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

4. Mantan pejabat Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Thomas Lembong, akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel.

5. Sofyan Djalil akan menggantikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

6. Pramono Anung, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dipilih menjadi Sekretaris Kabinet. Pramono menggantikan posisi Andi Widjajanto yang meninggalkan istana mulai pagi ini.

Penetapan keenam menteri baru itu diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 79/P Tahun 2015 tentang Pergantian Beberapa Menteri Kabinet Kerja Periode 2014-2019 dan Keppres Nomor 80/P Tahun 2015 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Sekretaris Kabinet.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini