nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orangtua Bisa Pantau Ospek di Universitas Tarumanagara

Afriani Susanti , Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2015 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 12 65 1194910 orangtua-bisa-pantau-ospek-di-universitas-tarumanagara-XBHmkDf5bH.jpg Mahasiswa baru di Universitas Tarumanagara. (Foto: Afriani S/Okezone)
 

JAKARTA - Ada yang unik dari kegiatan orientasi studi pengenalan kampus (ospek) di Universitas Tarumanagara. Bila biasanya orangtua tidak boleh mengantar, di kampus ini mereka justru bebas memantau kegiatan ospek yang dijalani mahasiswa baru.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Eko Harry Susanto, MSi, menjelaskan, ospek di Untar disebut masa Pra Pendidikan Tinggi (Pra Dikti). Selama kegiatan, para orangtua ini tidak mengikuti seremoni ospek. Tetapi, kampus menyediakan tempat khusus bagi orangtua untuk memantau putra putri mereka.

"Orangtua bisa menyaksikan jalannya acara dari monitor yang disediakan di ruang tersebut. Bisa jadi ini menjadi pembeda Untar dengan perguruan tinggi lainnya," kata Eko kepada Okezone di Untar, Rabu (12/8/2015).

Eko mengimbuhkan, sudah dua tahun pihaknya menyiapkan ruangan khusus bagi orangtua itu. Salah satu alasannya, kata Eko, sebelumnya orangtua sering menengok anak mereka dari tempat parkir.

Hari ini ribuan mahasiswa baru Untar mengikuti Pra Dikti dengan mengenakan pakaian kemeja putih dan bawahan hitam. Selama tiga hari, para mahasiswa baru akan disibukkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya kelas motivasi.

Eko menjamin, Pra Dikti hanya akan menjadi wadah pengenalan kampus dan jauh dari kesan perploncoan. Bahkan, maba diperbolehkan tidak mengikuti kegiatan.

"Kami juga memperkenalkan mahasiswa baru dengan strategi belajar di perguruan tinggi, pelatihan soft skill, mengenal kehidupan di kampus dan berbagai peraturan yang berlaku di Untar," paparnya.

Tidak lupa Rektor Untar, Prof Ir Roesdiman Soegiarso, MSc PhD dalam sambutannya mengucapkan selamat datang bagi semua mahasiswa baru. "Pada kesempatan ini saya mengucapkan selamat pada semua mahasiswa dapat diterima di Untar. Dan kepada orangtua, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah dberikan untuk mendidik anaknya di sini," ujar Roesdiman.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini