nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Menristek Muhammad Zuhal Wafat

Sabtu 15 Agustus 2015 14:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 15 65 1196866 mantan-menristek-muhammad-zuhal-wafat-qfmxQ5Lqjg.jpg Mantan Menristek Prof Muhammad Zuhal (foto: istimewa)

JAKARTA- Muhammad Zuhal mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) ke-6 periode 1998-1999, meninggal dunia pada Sabtu 15 Agustus 2015. Beliau juga merupakan mantan Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia.

Dari laman Universitas Al-Azhar Indonesia, tertulis Inna lillahi wa inna ilayhi raji'un telah berpulang ke Rahmatullah Prof Dr Ir Zuhal, MSc, EE, Sabtu 15 Agustus 2015. Semoga kebaikan beliau diterima Allah SWT, amin. Demikian yang tertulis di laman Universitas Al-Azhar Indonesia sebagaimana yang dikutip Okezone hari ini.

Pada 6 Agustus 2015, seluruh sivitas akademika dengan dihadiri jajaran pimpinan Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan doa bersama di lobby Universitas Al-Azhar Indonesia memohon kesembuhan untuk Prof Zuhal, yang ketika itu sedang menjalani operasi di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta.

Penyempitan Pernapasan

Muhammad Zuhal sudah dua minggu terakhir ini menjalani perawatan di RS Pondok Indah Jakarta dikarenakan penyempitan saluran pernapasan sehingga mengharuskan beliau untuk menjalankan operasi di RS Khusus Respiratory yaitu RS Persahabatan Jakarta.

Terlahir di Kota Cirebon, Jawa Barat pada 5 Mei 1941, Muhammad Zuhal sejak kecil sudah begitu terispirasi dalam dunia pendidikan. Ia menyelesaikan kuliah sarjana di ITB. Kemudian meniti karier sebagai dosen di ITB dan UI.

Debutnya di pemerintah juga mulai terlihat saat diangkat menjadi Kepala BPPT hingga akhirnya dipercaya sebagai Menristek pada Kabinet Reformasi. Usai tidak lagi menjadi menteri, beliau kembali ke aktifitas semula dengan menjadi Rektor Universitas Al-Azhar hingga menghembuskan napas terakhir pada hari ini.

(MSR)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini