nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mata Kuliah Unik, dari Superhero Hingga Sampah

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2015 09:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 17 65 1197359 mata-kuliah-unik-dari-superhero-hingga-sampah-Tj3Iaan6Ed.jpg Kampus Amerika menawarkan berbagai mata kuliah unik bagi mahasiswanya. (Foto: shutterstock)
KETIKA memilih mata kuliah, apa yang menjadi pertimbanganmu? Kewajiban, kebutuhan atau keunikannya?

Beberapa kampus di Amerika Serikat menawarkan mata kuliah dan prodi unik bagi mahasiswanya. Ada yang membuka prodi tentang Beyonce dan Harry Potter, ada yang mengajarkan ilmu tentang boneka (puppetry) hingga mendidik calon sarjana yang ahli dalam bidang persampahan.

Yuk, kita intip berbagai mata kuliah unik ini, khususnya dalam bidang sains, teknologi dan matematika (STEM) seperti dirangkum Kampus Okezone, Senin (17/8/2015).

Street-Fighting Mathematics - Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Suka menebak jawaban saat ujian? Nah, melalui mata kuliah Street-Fighting Mathematics ini MIT mengajari mahasiswanya metode menebak hasil dan memecahkan masalah matematis tanpa melakukan perhitungan tepat. Perkuliahannya mengajak mahasiswa untuk mengulik masalah aplikasi matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Science from Superheroes to Global Warming - University of California, Irvine

Penasaran bagaimana Superman terbang atau teknologi kasat mata pada pesawat jet milik Wonder Woman? Pelajari saja di mata kuliah Science from Superheroes to Global Warming di University of California, Irvine, ini. Menurut deskripsi perkuliahan, mahasiswa akan diajak meneliti berbagai studi kasus mulai dari pahlawan super, film, dan masalah dunia seperti pemanasan global.

The Joy of Garbage - Santa Clara University

Jangan hanya suka memilah sampah, pelajari juga ilmunya. Di mata kuliah ini, mahasiswa enggak hanya diajari memilah sampah dengan efektif tetapi juga berdiskusi tentang budaya membuang sampah di Amerika. Mahasiswa juga belajar tentang proses pembusukan dan diajak memberi solusi atas masalah sampah.

Knot Theory - Williams College

Jika sebal dengan berbagai kabel yang saling melilit, mata kuliah Knot Theory di Williams College bisa memberi solusi. Di sini, mahasiswa diajak mengulik habis masalah simpul-simpul pada kabel ini dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip matematis.

Advanced Kitchen Chemistry - Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Ternyata, pemahaman kimia juga diperlukan saat memasak. Setidaknya untuk memastikan masakan kita tidak gosong atau salah membuat campuran bumbu. Nah, mahasiswa MIT bisa mempelajari hal tersebut dalam mata kuliah Advanced Kitchen Chemistry. Setiap minggu, mereka melakukan percobaan ilmiah tentang makanan dan mendiskusikan berbagai hal menarik seperti proses pembuatan keju dan ilmu bumbu-bumbu dapur.

Rockets and Instrumentation - University of Washington

Tertarik dengan roket? University of Wahington memiliki mata kuliah khusus tentang roket dan instrumentasinya. Mata kuliah ini menjadi favorit dan kelasnya selalu penuh.

Cyborg Anthropology - Lewis & Clark University

Kalau suka menonton film-film tentang cyborg, kamu mungkin tertarik mempelajari teori artificial intelligence lebih dalam. Lewis & Clark University menawarkan materi tentang cyborg dalam silabus mata kuliah antropologi dan sosiologi mereka. Mahasiswa kelas ini bisa mengeksplorasi dan menganalisa pertumbuhan dan perubahan interaksi antara manusia dan komputer.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini