Image

Peran Penting Busi pada Pengapian Mesin Kendaraan

Mufrod, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2015, 08:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 18 15 1197765 peran-penting-busi-pada-pengapian-mesin-kendaraan-gQHcEXN4G8.jpg Berbagai macalm model busi (Istimewa)

JAKARTA- Meningkatkan kinerja mesin kendaraan selain memerlukan kondisi mesin yang baik dan terawat serta penggunaan bahan bakar dengan kandungan timbal rendah. Perlu diperhatikan juga perangkat penunjang lainnya seperti busi. Jika sebelumnya kita sedikit acuh pada perangkat ini, namun sebenarnya busi memiliki peran penting dalam menghasilkan performa mesin maksimal.

Dalam hal ini busi berperan penting dalam sistem pengapian yang dibutuhkan pada saat terjadi pembakaran di ruang silinder, bercampurnya bahan bakar dan udara yang kemudian dipercikan api dari busi merupakan skema proses kinerja mesin kendaraan. Untuk itu jika busi tidak memiliki pengapian yang baik, bisa mengakibatkan performa mesin kurang maksimal.

"Sistem pengapian yang besar dari busi mampu menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna, hal itu bisa meningkatkan performa mesin kendaraan," ungkap Iwan Abdurrahman, departement technical service Toyota Astra Motor.

Ia menjelaskan, sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini telah banyak berbagai macam jenis busi, baik busi biasa, platinum dan iridium, dari beberapa model tersebut tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Namun Iwan menegaskan bahwa busi iridium merupakan produk yang paling cocok digunakan untuk menunjang kinerja mesin kendaraan, Berikut beberapa kelebihan busi iridium untuk kendaraan.

1. Busi iridium memiliki bunga api lebih besar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengapian dalam sistem pembakaran mesin.

2. Memiliki usia pakai lebih lama dibanding dengan busi model lain.

3. Mampu menghasilkan tenaga mesin lebih besar.

4. Busi jenis ini bisa digunakan oleh berbagai jenis mobil.

Meskipun memegang peran penting, saat ini banyak ditemui busi dengan berbagai macam merek yang menawarkan tingkat pengapian tinggi serta tahan lama. Namun banyak pula ditemui berbagai macam busi dengan kualitas buruk di pasaran. Sebagai rekomendasi gunakan busi yang telah tersedia di bengkel resmi.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini