nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhub Tegaskan Trigana Air Jatuh Bukan karena Faktor Cuaca

Nurlina Umasugi, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2015 20:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 18 337 1198395 menhub-tegaskan-trigana-air-jatuh-bukan-karena-faktor-cuaca-TgQV1QYW0H.jpg Menhub Ignasius Jonan beberapa waktu lalu (Foto: Dok Okezone).

JAYAPURA - Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan, menegaskan bahwa jatuhnya pesawat Trigana Air IL 267 di wilayah Oksibil, Pegunungan Bintang, bukan disebabkan faktor cuaca buruk. Menurutnya ada faktor lain yang menyebabkan pesawat berpenumpang 49 orang serta lima kru itu terjatuh.

Jonan mengungkapkan, pihaknya telah menerima laporan dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat yang menyebutkan bahwa cuaca di Kabupaten Pegunungan Bintang dan sekitarnya cerah saat kejadian.

“Ini bukan karena faktor cuaca, BMKG kan sudah merilis kalau cuaca di sana cerah saat kejadian. Dan ada juga laporan kalau sebelum pesawat Trigana Air IL 267, ada juga pesawat lainnya yang mendapat di hari yang sama,” terang Ignasius saat berdialog dengan keluarga korban pesawat Trigana Air di Bandara Sentani, Jayapura, Selasa (18/8/2015).

Lebih rinci terkait dengan penyebab jatuhnya Trigana Air, Jonan menyerahkan penyelidikan kepada pihak KNKT. "Penyebab kecelakaan akan diketahui setelah dilakukan pengecekan Black Box," sambung Jonan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pesawat Trigana Air IL 267 dilaporkan terjatuh di gunung Tangok, Distrik Okbape, Pegunungan Bintang setelah lepas landas dari Bandara Sentani, pada pukul 14.22 Wit dengan estimasi landing pukul 15.15 WIT di Bandara Oksibil, Pegunungan Bintang.

Pesawat tersebut, mengangkut 49 penumpang yang terdiri dari 44 penumpang dewasa, dua bayi, dan tiga anak-anak. Selain mereka, pilot bernama Hasanudin, co-pilot Aryadin, mekanik Mario dan dua orang pramugari juga turut menjadi korban tewas dalam kecelakaan tersebut. (fal)

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini